Melenggang Ke Babak Final Hult Prize Global Accelerator Program 2024, Start Up Indonesia HerLens Optimis Bawa Pulang 1 Juta USD

WanitaIndonesianews.com, JAKARTA–Dua remaja  lulusan unggulan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI; Andini Putri Pramudya dan Salsabila Zahra Chinanti berhasil meraih  tiket menuju babak Global Finals London di United Kingdom usai sukses mengikuti kompetisi Hult Prize Global Accelerator 2024 di Mumbai,pada Juni lalu.

 

 

Melalui bendera perusahaan startup HerLens, keduanya berhasil lolos  dalam 16 semi-finalis yang berangkat ke Inggris sejak pertengahan Agustus kemarin. 

 

HerLens merupakan perusahaan startup binaan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) Universitas Indonesia (UI) dan Apple Developer Academy @ BINUS yang akan bersaing dengan lima perusahaan startup global lainnya.

Menjadi delegasi HerLens pada program ini jelas menjadi sebuah kebanggaan bagi Andini Putri Pramudya dan Salsabila Zahra Chinanti.

Keduanya optimis untuk bisa menggenggam gelar juara dan memenangkan 1 juta USD yang akan dialokasikan menjadi dana awal HerLens.

HerLens adalah pionir pengembangan solusi inovatif untuk pencegahan kanker serviks yang
menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) guna mendeteksi penyakit tersebut dengan target akurasi sebesar 95%.

Melalui aplikasi yang tersedia di iOS dan Android ini, HerLens memastikan seluruh wanita mendapatkan akses inklusif untuk mendeteksi dan mencegah kanker serviks sejak dini.

Capaian HerLens hingga tembus ke tahap Global Finals London juga hasil dari pengembangan bersama mahasiswa Fasilkom UI dan Teknik Biomedik UI di bawah bimbingan Dr. dr. Gatot Purwoto, Sp.OG, Subskp.Onk, MPH, Prof. Laila Nuranna, Sp.OG, Subsp.Onk, Dr. dr. Tofan Widya Utami, Sp.OG, Subsp.Onk, dari Departemen Onkologi dan Ginekologi RSCM-FKUI, dan tim Female Cancer Program FKUI-RSCM.

Seluruh ahli medis yang terlibat memastikan bahwa teknologi yang dimiliki HerLens berakar pada landasan ilmiah yang kuat dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, terutama daerah dengan akses terbatas fasilitas kesehatan.

“Deteksi dini kanker serviks sangatlah penting, salah satu metode deteksi dini yang mudah dan murah dan dapat dilakukan oleh semua nakes ialah pemeriksaan melihat serviks, IVA-DoIVA.

Dengan adanya aplikasi HerLens diharapkan akan sangat membantu sehingga pemeriksaan IVA-DoIVA dapat dilaksanakan di seluruh tempat di Indonesia,” ujar Prof. Laila Nuranna, Sp.OG, Subsp.Onk.

“Kami sangat apresiasi tim HerLens atas pencapaiannya dalam seleksi inovasi kompetisi Hult Prize Global Accelerator Program 2024. Harapan kita, terobosan inovasi Artificial Intelligence HerLens akan menjadi kekuatan bersama dalam mendukung program skrining kanker serviks dengan metode Documented Visual Inspection with Acetic Acid (DoVIA) yang
diprakarsai oleh Female Cancer Program Divisi Onkologi Departemen Obstetri Ginekologi
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, bersama Female Cancer Foundation Leiden University Medical Center, sesuai dengan tujuan eradikasi dan eliminasi kanker serviks yang dicanangkan oleh WHO untuk masyarakat
dunia,” ujar Dr. dr. Gatot Purwoto, Sp.OG, Subsp.Onk, MPH.

HerLens telah melalui sejumlah rangkaian hingga lolos sebagai finalis. Perjalanan diawali pada babak eliminasi Hult Prize Global Summit hingga menyisihkan 16 tim termasuk HerLens.

Kemudian, 16 tim terpilih dari babak eliminasi mendapat pelatihan dan mentoring untuk menyiapkan project bisnis yang matang di Hult Prize Global Accelerator di Ashridge
House, UK selama tiga minggu sejak pertengahan Agustus 2024.

Pada 2 September 2024, HerLens menjadi salah satu peserta terpilih dari enam tim yang melaju ke babak final yang diselenggarakan pada 6 September 2024 mendatang.

Keenam finalis akan memperebutkan hadiah sebesar $1 juta USD di London pada tahap Global Finals.

Kompetisi dan hadiah ini didanai oleh yayasan Hult, pendiri dan pemilik EF Education First.

“The Hult Prize has been a catalyst for student innovation for fifteen years,” ujar Lori van
Dam, CEO dari Hult Prize Foundation.

“We are proud to support HerLens as they work
towards creating positive, sustainable change through their entrepreneurial efforts.”