Satu Dekade PT Jamkrindo Syariah Sukses Menjadi Perusahaan Penjaminan Berbasis Syariah Terkemuka di Indonesia

WanitaIndonesianews.com, JAKARTA- PT Jamkrindo Syariah merayakan Milad ke-10 dengan penuh syukur dan semangat transformasi. Dengan tema “Make a Move for Great People”, perusahaan menegaskan komitmennya untuk terus bergerak maju dan berkontribusi bagi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

 

 

Direktur Utama PT Jamkrindo Syariah, Hari Purnomo mengatakan tema ‘Make a Move for Great People’ memiliki arti mendalam sebagai bentuk ajakan untuk bertransformasi dengan semangat Culture Activation PEOPLE.

“Saya mengajak seluruh karyawan, mitra, dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama bertransformasi menjadi orang-orang hebat yang siap menghadapi masa depan. Dengan semangat Culture Activation PEOPLE, PT Jamkrindo Syariah berfokus pada peningkatan kompetensi, sinergi, dan profesionalisme, demi menghadapi era digital yang semakin berkembang pesat,” ungkap Hari Purnomo, saat memberi sambutan dalam acara Milad ke-10, Kamis,19 September 2024, di Jakarta.

Hari Purnomo menambahkan menjadi sebuah kebanggaan dalam kurun waktu 10 tahun, PT Jamkrindo Syariah telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan penjaminan berbasis syariah terkemuka di Indonesia.

“Pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi dari seluruh karyawan dan dukungan dari stakeholders lainnya,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Hari Purnomo, perusahaan terus berupaya mengimplementasikan tata kelola yang baik secara konsisten.

“Kita terus menjaga komitmen pada Governance Risk and Compliance (GRC), demi mewujudkan visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan penjaminan syariah terpercaya dan terdepan di Indonesia,” papar Hari.

Bertumbuh Secara Signifikan
Kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan diwujudkan melalui penambahan modal, sementara kapasitas organisasi terus ditingkatkan melalui pengembangan SDM, penyempurnaan struktur organisasi, dan penerapan Good Corporate Governance (GCG) serta Three Lines Model.

Selain itu, PT Jamkrindo Syariah juga berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat.

“Pada tahun 2024, perusahaan menyalurkan zakat perusahaan sebesar Rp 3.142.151.250 melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dialokasikan untuk bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial,” papar Hari Purnomo.

Sepanjang 10 tahun perjalanannya, PT Jamkrindo Syariah telah menjamin pembiayaan serta proyek dengan nilai jaminan sebesar Rp 258 Triliun.

Penjaminan tersebut diberikan kepada 4.964.008 pengusaha, baik usaha kecil, mikro, menengah dan besar di Indonesia. Total Asset Perusahaan telah berkembang, dimana pada awal pendirian total aset tercatat Rp 250 miliar dan saat ini telah mencapai Rp 2,62 Triliun.

”Kami, PT Jamkrindo Syariah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi di berbagai bidang, guna memastikan layanan terbaik bagi mitra kerja dan terjamin untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa sinergi dan kolaborasi akan terus mendorong perusahaan menuju pencapaian yang lebih besar,” kata Hari Purnomo.

PT Jamkrindo Syariah juga akan ikut berperan serta dalam implementasi Rencana Pembangunan  Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045, khususnya peningkatan posisi keuangan syariah Indonesia di tingkat global, peningkatan peran keuangan sosial syariah dalam rangka pengentasan kemiskinan dan pengurangan ketimpangan sosial ekonomi dan penguatan ekosistem industri halal serta penguatan literasi sebagai pendukung ekonomi dan keuangan syariah.

“Perjalanan satu dekade ini adalah pencapaian besar yang kami banggakan. Namun, ini bukan akhir dari perjalanan kami. Masih banyak yang harus kita capai, dan dengan semangat inovasi dan transformasi, kita akan terus bergerak maju untuk membawa perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi,” urai Hari Purnomo

Untuk di ketahui, selama 10 Tahun, PT Jamkrindo Syariah memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan untuk mendukung program pemerintah maupun penjaminan komersial. Pada penjaminan program,

Jamkrindo Syariah memiliki produk Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Penjaminan pembiayaan FLPP.

Pada masa pandemi covid-19, JamSyar juga mendukung program pemerintah dengan melakukan Penjaminan Kredit Modal Kerja dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berakhir di tahun 2022. Adapun untuk penjaminan komersial, JamSyar memiliki produk Kontra Bank Garansi (KBG), Surety Bond, Customs Bond, Penjaminan Pembiayaan Umum, Penjaminan Pembiayaan Mikro, Penjaminan Pembiayaan Konstruksi dan Pengadaan Barang/Jasa, Penjaminan Supply Chain Financing (SCF), Penjaminan Distribusi Barang serta Penjaminan Pembiayaan Multiguna.