WanitaIndonesianews.com, JAKARTA – Indonesia menjadi bagian  negara penghasil kopi terbesar di dunia, masuk di  urutan ketiga setelah Brazil dan Vietnam. Kemudian diikuti oleh  Uganda  serta  Meksiko di urutan keempat dan kelima. Tidaklah heran,  pada saat tampil di sejumlah acara bergengsi tentang kopi, Indonesia kerap menjadi pusat perhatian.

 

Yang teranyar, pada 29 Maret -2 April 2023 kemarin, ragam Kopi Indonesia tampil di acara bergengsi di  Amsterdam  Coffee Festival yang digelar di Westergas, Amsterdam.

Pavilion Indonesia telah resmi di buka oleh Bapak Duta Besar Mayerfas dimana keikut sertaan para pelaku ekportir kopi Indonesia di fasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI ) di Belanda sebagai dukungan terhadap kopi Indonesia.

Suryo Tutuko, CEO RIBV mengatakan Roemah Indonesia BV sejak awal dirancang sebagai tempat produk-produk unggulan Indonesia untuk menembus pasar dunia. Sejalan dengan visi dan misi RIBV untuk meningkatkan angka ekspor kopi Indonesia, membangun rantai pasokan kopi Indonesia di kancah Internasional.

Pada  acara Amsterdam Coffee Festival ini RIBV  memperkenalkan  puluhan variant kopi Indonesia dari  Koperasi Klasik Beans, Desa Devisa Kopi yang di bina oleh Lembaga pembiayaan Export Indonesia ( Exim Bank), serta kopi Toba binaan Toba Pulp Lestari ( APP)  dan serta kopi binaan Asian Pulp Paper ( APP).

“Pada kesempatan ini juga  RIBV  membawa Dua Coffee dan  Kopi TUKU untuk membawa “ local brands go global “, dan acara ini  juga mendapat  dukungan dari Garuda Indonesia dan Bank BJB,” jelas Suryo.

Sebagai salah satu acara festival kopi di Amsterdam,   Coffee Festival  ini adalah tempat para ahli kopi menunjukkan kepada pengunjung cara mereka menyiapkan, menuangkan, dan menyajikan minuman kopi.

Ada juga kesempatan untuk mencicipi  kopi dan bertemu dengan importir ( buyers), industry HORECA dan ribuan  pecinta kopi lainnya. Selain itu pengunjung dapat membeli berbagai jenis kopi yang unik serta berdiskusi dengan para profesional kopi. Sebagai kelanjutan promosi dan pemasaran dari kopi kopi Indonesia  di Belanda,  RIBV juga telah menyediakan  ruang pamer permanen untuk pembelian retail dan B2B  di Amsterdam.