WanitaIndonesianews.com, JAKARTA— Kongres Wanita Indonesia  (Kowani)  menyambut baik kehadiran  Cash Waqf Linked Sukuk Ritel (CWLS Ritel) SWR004, sebuah  instrument investasi berbasis syariah yang disediakan dan dijamin oleh Kementerian Keuangan dan Negara untuk pembiayaan program/kegiatan sosial dan pemberdayaan ekonomi.

 

Pada  peresmian SWR004   yang  dibuka  oleh Bapak Suminto,  Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Dr. Ir. Giwo Rubianto, M. Pd juga berkenan hadir sekaligus didapuk sebagai narasumber. .

Giwo hadir  pada sesi Inspirational talkshow “Pilihan Berharga Untuk Kemandirian Bangsa” dalam acara  peresmian sekaligus  masa penawaran CWLS Ritel seri SWR004 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jumat, 7 Juli 2023, kemarin.

Beberapa narasumber lain turut memeriahkan, antara lain Dwi Hadiningdyah selaku Direktur Departemen Pembiayaan Syariah DJPPR,  Roy Renwarin selaku Pengembang digital wakaf Perwakilan dari Yayasan Eduwakaf Jogja dan  Prof. Euis Amalia sebagai Perwakilan dari Majelis Alimat Indonesia.

Giwo mengatakan  Kowani, sebagai  wadah dari 102 organisasi Wanita di tingkat pusat dengan 90 juta anggota perempuan di seluruh Indonesia,  saat ini Kowani  memiliki Lembaga Ibu Bangsa Berwakaf yang telah dilaunching bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan pada tanggal 20 Desember 2022.

“Kehadiran lembaga ini juga telah disosialisasikan kepada seluruh organisasi anggota kowani, BKOW dan GOW di seluruh Indonesia, dan telah disampaikan dan dilaporkan juga kepada Bapak Wakil Presiden RI pada bulan februari 2023 lalu,” jelas Giwo.

Dalam dialog tersebut Giwo menyampaikan dukungan dan antusiasnya agar investasi yang memiliki banyak manfaat keberlanjutan untuk kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat ini dapat segera disosialisasikan kepada para ibu bangsa, khususnya anggota organisasi kowani, BKOW dan GOW di seluruh indonesia.

“Saat ini Kowani baru sebagai inkubator nazhir, dan sedang dalam progress menjadi nazhir. Merupakan kesempatan dan peluang yang baik bahwa apabila kowani sudah menjadi nazhir kelak dana tersebut akan diinvestasikan dalam bentuk sukuk dalam instrument SWR004 untuk meningkatkan manfaat yang diterima dan berjangka Panjang,” papar Giwo.

Giwo juga berharap pemerintah khususnya Kementerian keuangan dan Kowani dapat saling berkolaborasi dan bekerja sama untuk mendapatkan win win solution demi menciptakan pembangunan ekonomi yang mandiri dan berkelanjutan di indonesia dengan harapan kedepannya juga terdapat CWLS untuk seri Wanita Indonesia.