Kolaborasi PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak Menghasilkan DAURI, Program Kelola Kemasan Minuman dan Makanan Pasca Konsumsi

WanitaIndonesianews.com, JAKARTA — PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak berkolaborasi meluncurkan kampanye Daur Untuk Negeri (DAURI). Upaya ini merupakan usaha menjaga lingkungan dengan mengumpulkan sampah kemasan pasca konsumsi dari Hoka-Hoka Bento (HokBen) termasuk di dalamnya kemasan teh Sosro.

Gerakan DAURI ini merupakan gerakan berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen Indonesia.

Hal ini dilatarbelakangi dari krisis sampah yang terus meningkat dan membuat Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang sampah terbanyak di dunia. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan berdasarkan data di Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada tahun 2023, Indonesia telah menghasilkan 18 juta ton sampah dan 19 persen di antaranya adalah sampah plastik.

Mulai hari ini Gerakan DAURI akan dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar nasional, melalui kolaborasi ini PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak, mengajak konsumen restoran HokBen untuk lebih peduli menyetor kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai” untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

Bincang gerakan berkelanjutan kelola sampah kemasan (iBonk)

Seperti yang disampaikan oleh Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, menyatakan optimismenya tentang kemitraan ini, “Sosro berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya untuk mengurangi dan memilah kemasan minuman serta makanan paska konsumsi,” di bilangan Mampang, Jakarta pada Rabu, 13/03/24.

Ia melanjutkan bersama HokBen dan Tetra Pak, pihaknya berkolaborasi dan memperpanjang jangkauan Gerakan DAURI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Sebagai bentuk komitmen ini, PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak memulai pendekatan inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah dengan meletakkan dropbox yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah di fasilitas HokBen sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.

“Sosro telah menjadi mitra kami selama bertahun-tahun. Melalui Gerakan DAURI, HokBen berusaha menanamkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami. Sebagai restoran yang melayani hingga 50.000 pelanggan setia setiap hari, HokBen dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi sampah secara luas,” kata Sugiri Willim, Direktur Marketing PT Eka Bogainti, perusahaan yang memiliki dan mengelola gerai HokBen di seluruh Indonesia.

Beberapa produk hasil daur ulang kemasan minuman (iBonk)

Kemitraan dengan Gerakan DAURI mendorong keterlibatan pelanggan HokBen melalui insentif inovatif, yaitu apresiasi berbasis kode AR. Pelanggan yang membeli paket/menu HokBen take away atau dine-in dapat memindai kode AR untuk mendaftar, mencatat kemasan minuman dan makanan, serta alat makan sekali pakai yang mereka setorkan, dan mengumpulkan poin.

PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak menyiapkan apresiasi bagi pelanggan yang mencapai jumlah poin tertentu, yang dapat ditukarkan dengan merchandise seperti notebook, holder untuk smartphone dari bahan daur ulang, dan paket menu HokBen.

“Bersama Gerakan DAURI, PT Sinar Sosro akan terus mengajak para mitra untuk bersamasama bekerja mendukung prinsip reduce, reuse, dan recycle yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Serta berpartisipasi dan berperan aktif dalam pengelolaan sampah yang lebih baik. untuk masa depan bangsa Indonesia dan dunia yang lebih cerah dan kami percaya bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensi bisnis, Perusahaan perlu melakukan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan,” pungkas Sabrina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *