GoHappyLive.com, JAKARTA- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) gandeng organisasi PBB, United Nations Children’s Fund (Unicef) dalam memberikan  pelayanan membantu anak-anak yang menjadi korban  krisis kemanusiaan , baik di Indonesia maupun di negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di seluruh dunia.
 
 
Penandatanganan perjanjian kerja sama diselenggarakan di kantor Baznas, Jakarta, akhir pekan ini. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Direktur Baznas Arifin Purwakananta, Perwakilan Unicef Indonesia Debora Comini dan Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan Swasta Unicef, Gary Stahl.
Ketua Baznas, Bambang Sudibyo mengatakan krisis kemanusiaan  di sejumlah negara berdampak pada banyak hal. Termasuk didalamnya anak-anak juga menjadi korban.
“Ini yang menjadi salah satu perhatian, dan menjadi bentuk kepedulian bersama. Penggalangan dana dan penyaluran bantuannya tentu dilakukan secara professional dan sesuai dengan peraturan perundang-undagan dan syariat,” jelas Bambang.
Bambang menambahkan bentuk bantuan terfokus pada  anak-anak dan remaja yang bersifat berkelanjutan agar masa depan  mereka bisa lebih baik. Namun  yang pasti manfaatnya sangat luas, bagaimana keluarganya juga dapat bangkit dari keterpurukan akibat krisis kemanusiaan. Dengan begitu diharapkan terwujud kesejahteraan bagi mereka.
Kerjasama antara Baznas dan Unicef  terhadap anak-anak  terdampak krisis kemanusiaan di Indonesia  dan negara OKI meliputi  di berbagai bidang , mulai dari  pendidikan, kesehatan, kecukupan gizi, akses air bersih, perlindungan anak dan social serta pemberdayaan  kaum muda.
“Lebih dari dua pertiga dari dana yang kami butuhkan  untuk anakk-anak yang terjebak  dalam krisis kemanusiaan  adalah untuk  pekerjaan kami di organisasi negara-negara  Kerjasama Islam,”  kata Perwakilan Unicef Indonesia. Debora Comini.
Debora mengaku senang dapat bekerjasama dengan Baznas.
“Kami kami akan berkolaborasi  untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan dan jaringan kolektif kami dan memanfaatkan dana zakat untuk anak-anak serta orang-orang yang paling membutuhkan dukungan kami,” lanjut nya.
MoU Unicef dengan Baznas menyusul penandatanganan nota kesepahaman dengan World Zakat Forum pada bulan Desember 2018  serta sebuah komunike bersama dengan Bank Pembangunan Islam yang mengumumkan niat kedua organisasi untuk mengembangkan  Dana Filantropi Muslim Global untuk anak-anak.