GoHappyLive.com, JAKARTA- Perilaku konsumen dalam membeli tiket bioskop secara online   hampir di seluruh dunia terus menunjukkan peningkatan. Sebagai contoh, dari data Webedia Movies Pro dan Vertigo Research  tahun 2018  yang melibatkan 100.000 responden di Amerika Serikat, menunjukkan penjualan tiket bioskop secara online pada tahun 2018 naik sekitar 18,7 % jika dibanding tahun sebelumnya.
 
Peningkatan serupa juga terjadi di Indonesia. Kenyamanan penikmat film melalui pembelian tiket secara online dengan mendapat kepastian tersedianya film yang diinginkan, keleluasaan memilih jadwal dan posisi kursi yang strategis  hingga tidak menghadapi antrian panjang  seolah menjadi daya tarik tersendiri.
Berdasarkan data yang dimiliki Cinema XXI, transaksi penjualan tiket online vs offline pada Kuartal II 2019 mencapai lebih dari 40% atau mengalami pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communication & Brand Management, Cinema XXI mengungkapkan antusiasme tinggi dalam memanfaatkan kemudahan platform digital ini didorong olej pertumbuhan penonton usia produktif Gen-Y atau milenial  dan Gen –Z.
Menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2017, jumlah kedua generasi ini mencapai lebih dari 60% penduduk Indonesia.
“Merespon pertumbuhan tersebut dan semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para penikmat film, Cinema XXI dengan bangga mempersembahkan fitur terbaru M-Tix, yaitu e-voucher dan pemberlian F& B,” kata Dewinta, pada peluncuran dua fitur terbaru M-Tix, yaitu e-voucher dan pembelian F&B, di kawasan Kuningan, baru-baru ini.
Pengembangan fitur-fitur baru M-Tix ditambahkan Dewinta sebagai wujud nyata komitmen Cinema XXI dalam merangkul teknologi digital guna memenuhi kebutuhan pasar, terutama Gen-Y atau milenial dan Gen-Z.
Tentunya Cinema XXI tak sendirian, ada sejumlah rekanan bisnis, mulai dari production house (PH), bank partner dan rekanan lain  yang turut membantu mewujudkan kehadirkan M-Tix  e-voucher tersebut.
“Melalui e-voucher ini dapat memberikan kemudahan dan akurasi selama proses  promosi bagi para PH, dapat meningkatkan pelayanan bagi nasabah loyal bank partner. Serta ke depannya dapat menjadi moda untuk melakukan loyalty/ reward points redemption bersama dengan  rekanan-rekanan potensial. Dengan hadirnya fitur baru ini, kami yakin dapat menjangkau sekaligus memenuhi kebutuhan pasar Gen-Y dan Gen-Z lebih luas dan lebih baik lagi,” sambung Naning Yuliningtyas, Head of Promotion, Cinema XXI.
Zara JKT48, public figure Gen-Z sekaligus aktris dan penikmat film mengatakan kehadiran mobile ticketing M-Tix ini, Cinema XXI sangat memahami karakteristik Gen-Z yang dekat dengan teknologi sejak dini sehingga menghendaki semuanya lebih ringkas dan cepat.
“Saya sangat antusias dengan hadirnya kedua fitur ini karena tidak perlu khawatir kehilangan hardcopy voucher untuk menukarkan tiket dan pembelian F& B bisa less hassle karena langsung dari satu aplikasi. Ringkas, nyaman dan mudah lah,”  papar Zara.
M-Tix sendiri telah memfasilitasi pemesanan tiket bioskop secara online sejak 2016 dan akan terus menyempurnakan diri untuk memenuhi kebutuhan pasar serta di saat yang sama merangkul kemajuan teknologi digital.
Melalui M-Tix e-voucher pengalaman menonton  akan semakin menyenangkan. Setelah melakukan pemesanan tiket , penonton dapat langsung memesan F & B . Setiba di bioskop,  pesanan dapat langsung diambil di pick up point concessions tanpa harus memakan waktu sehingga lebih cepa dan mengurangi waktu antrian.
“Saat ini fitur pembelian F&B sudah dapat digunakan di lebih dari 130 lokasi bioskop dan akan terus diperluas. Secara keseluruhan, kedua fitur baru ini  membuat layanan mobile ticketing M-Tix semakin mudah, praktis dan asik. To infini-Z and beyond,” tutup Naning.