WANITA INDONESIA NEWS, JAKARTA- Ditengah pelaksanaan ibadah puasa, masyarakat Indonesia masih terus berjibaku melawan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Khusus umat muslim, dituntut tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh selama ramadan sekaligus agar terhindar dari serangan covid-19.
Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, mengatakan setiap dari kita harus benar-benar perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
“Bukan hanya tertarik dari rasanya yang enak saja, tapi nutrisi dan kandungan lainnya juga perlu diperhatikan. Terutama umat Islam memasuki Ramadhan dengan demikian kesehatan harus terus dijaga khususnya dengan asupan makanan sehat dan nutrisi yang cukup,” ungkap Andam usai acara senam virtual bareng media, baru-baru ini.
Menurut Andam, saat berpuasa dibutuhkan asupan makannnya kan lebih luar bisa dibandingkan hari biasanya.
Terutama saat buka puasa, semua yang manis-manis, dan makanan yang tidak pernah kita buat di hari biasa di bulan Ramadhan kita buat makanan itu seperti kolak, asinan, dan makanan khas Ramadhan lainnya.
“Jangan lupa seratnya kemudian secukupnya sajadan jangan berlebihan. Kita harus lihat proteinnya cukup atau tidak, seratnya cukup atau tidak,” katanya.
Selain itu, orang berpuasa juga membutuhkan cairan yang cukup banyak, dan ini yang suka terlupakan sehingga tubuh menjadi lebih cepat lemas karena kekurangan asupan cairan.
Pada saat berpuasa, pastinya seharian tubuh tidak ada asupan cairan (minum), dengan demikian sebaiknya pada saat berbuka diusahakan minum minimal 2 liter air. Kemudian pada saat sahur juga, kita mengkonsumsi lebih banyak protein, karena kenyangnya juga nantinya akan lebih lama.
Dewi juga menyarankan agar masyarakat terus berolahraga misalnya untuk jalan, lari pagi.
“Jadi meskipun saat ini negara kita sedang mengalami pandemi Covid-19, kita jangan pernah berhenti bergerak. Terus bergerak, atau karena kita perlu membakar kalori dan menjaga otot agar tidak tegang,” ujarnya.