WIN.com, JAKARTA–Artis dan politisi Ingrid Kansil didapuk lagi menjadi Ketua Umum  Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI).  Pemilihan Ingrid berlangsung pada gelaran Muktamar II yang dikuti ratusan pengurus dan anggota IPEMI dari Pengurus Luar Negeri, Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah, dan Pengurus Cabang, dan Pengurus Unit pada hari Rabu, 2 Desember 2020.

 

 

Berbeda dengan penyelenggaraan Muktamar sebelumnya, pada Muktamar II ini dilakukan secara virtual sebagai adaptasi dari kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Dalam Muktamar II  yang berlangsung di gedung Soto, Pancoran, Jakarta Selatan , Ingrid terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum IPEMI untuk priode 2020-2025. Sebelumnya ibu satu putri ini menjabat Ketum IPEMI Periode 2015-2020.

Setelah kembali terpilih sebagai Ketua Umum IPEMI periode tahun 2020-2025, Ingrid menyampaikan kesanggupan dan komitmennya untuk membangun IPEMI 5 tahun kedepan. Ingrid
menyampaikan bahwa akan ada ”9 Program Umum IPEMI yang akan menjadi arah pergerakan organisasi selama 5 tahun ke depan (2020- 2025).

“Apa saja 9 program umum IPEMI, antara lain  melakukan pembinaan dan memperluas struktur organisasI. Melakukan modernisasi IPEMI menuju smart-organisation, mencetak entrepreneur muslimah yang berakhlakul karimah,” papar Ingrid.

Ingrid mengatakan Muktamar merupakan pelaksanaan AD/ART organisasi yang dijalankan oleh Pengurus Pusat setiap lima tahun sekali. Muktamar secara virtual ini diikuti oleh peserta Pengurus IPEMI dari seluruh Indonesia dan Cabang di Luar Negeri. Saat ini jutaan anggota IPEMI tersebar di 14 negara, 34 provinsi, 340 kabupatan/kota, 600 kecamatan, dan 120 desa.

“Muktamar merupakan agenda lima tahunan organisasi yang sekaligus sebagai ajang silaturahmi pengurus, evaluasi, dan penentuan agenda strategis ke depan,” ujar Ingrid.

Acara Muktamar II IPEMI dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki. Ada beberapa agenda yang  dibahas dalam Muktamar yaitu pembahasan perubahan AD/ART IPEMI, pemilihan Ketua Umum, Program Kerja Strategis IPEMI, Peluncuran perdana Majalah IPEMI, dan Peluncuran Kartu Anggota IPEMI co-branding dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Pemilihan tema “Menggerakan Ekonomi Keumatan Yang Menginspirasi Negeri” tidak lepas dari peran IPEMI selama ini yang aktif memberdayakan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) milik anggota dalam berbagai sektor antara lain kuliner, fesyen, craft, dan jasa.

Terlebih di masa pandemi, peran IPEMI sangat penting dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional yang menjadikan UMKM sebagai ujung tombaknya.

Sementara , Nurwahidah Saleh, Sekretaris Jenderal IPEMI, menambahkan bahwa anggota IPEMI terdiri dari tiga unsur, yakni Muslimah yang sudah menjadi pengusaha, Muslimah yang ingin belajar menjadi pengusaha, dan Muslimah yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan untuk keluarga.

“Kami mengakomodir seluruh potensi muslimah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam upaya berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” pungkas Nurwahidah.