WanitaIndonesianews com, JAKARTA–Bisnis kuliner di Tanah Air dinilai masih menjanjikan. Proyeksi itulah yang mengantarkan PT Sambal Bakar Indonesia, pengelola brand Sambal Bakar Indonesia berhasil meraih pendanaan awal atau pre-seed funding senilai US$1 juta atau setara dengan Rp15 miliar (kurs Rp 15.000/US$).

 

 

Seperti yang diketahui bahwa Sambal Bakar Indonesia adalah restoran yang hadir dari selebgram bernama Benjamin Master Adhisurya atau biasa disapa Iben Ma. Bisnis rumah makan ini baru saja dibuka pada Juli 2022 lalu.

Sebagai muka baru di industri kuliner di tanah air, restoran khas Indonesia ini juga terhitung menjadi rumah makan unik pertama yang mendapatkan pendanaan awal US$1 juta dari investor private investment. Pendanaan pre-seed ini biasa diartikan sebagai tahap pendanaan awal startup.

Diakui oleh Iben Ma bahwa pendanaan ini akan digunakan untuk memperluas pengembangan produk, layanan, serta basis pelanggan. Dana ini juga akan dialokasikan untuk pengembangan SDM berkualitas dan peningkatan daya saing di pasar. Strategi jangka pendek, katanya, akan dilakukan dengan memperluas layanan dan mengembangkan bisnis secara terstruktur dan masif di area Jabodetabek dengan membuka 8 outlet tahun ini dan 30 outlet di tahun depan.

Sedangkan untuk jangka panjang, perusahaan akan menghadirkan produk khas Indonesia yang baru, unik, menarik, dan otentik ke para pelanggan. “Kami juga akan menghadirkan produk dalam kemasan yang dapat ditemukan pada minimarket di seluruh Indonesia agar konsumen dapat lebih mudah menikmati produk dari brand Sambal Bakar serta perluasan bisnis di seluruh Indonesia dan mancanegara.” kata Iben Ma di bilangan Jakarta Selatan, Sabtu (29/10/2022).

Direktur Utama PT Sambal Bakar Indonesia Richard Theodore, Komisaris PT Sambal Bakar Indonesia Catherine Wahju, dan Direktur Marketing PT Sambal Bakar Indonesia Benjamin Master Adisurya (Ibonk)

Sebelum mendapatkan pendanaan awal ini, dia menjelaskan bahwa selama ini perusahaan mengandalkan strategi bootstrapping atau ekspansi dengan memanfaatkan modal dari satu pihak, baik itu pendiri (founder) maupun pemilik (owner) untuk membuka produk dan layanan pertama.

Iben Ma menjelaskan, tujuan jangka pendek, periode di bawah tiga tahun, yakni target pembukaan outlet sebanyak 150 gerai di seluruh Indonesia. Tujuan jangka panjang, di atas 10 tahun, yakni membidik target 500 outlet di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

“Kami akan menerapkan sistem operasional layaknya fast food global brand untuk meningkatkan pelayanan dan standardisasi produk di seluruh restoran kami. Kami yakin makanan Indonesia dapat bersaing secara global maupun dengan brand global di tanah air dan menjadi market leader di antara brand global tersebut.” ungkap pria memiliki followers Tiktok mencapai 9,2 juta ini.

Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Sambal Bakar Indonesia Richard Theodore, bahwa keinginan untuk pmelakukan ekspansi bisnis di seluruh Indonesia dan mancanegara ini sudah dipersiapkan dengan matang. “Kami menjamin setiap outlet yang melakukan kerja sama dengan Sambal Bakar dipastikan akan tetap aman selama 5 tahun kedepan, baik dari tempat, suplai bahan dan lainnya,” janjinya.

Richard juga menyatakan bahwa pihaknya tidak sembarangan menerima pihak untuk bergabung dibisnisnya tersebut.”Kami harus tau secara pasti kekuatan sumber dana dan juga area restoran paling tidak memiliki luas 2000 m. Ini untuk menjamin parkir yang layak bagi pengunjung nantinya.”

Sebagai perusahaan Indonesia yang membawa nilai-nilai kultur asli, melalui produk dan layanan, menjadi perusahaan terbuka lewat IPO adalah mimpi bersama, agar masyarakat dapat berkontribusi terhadap karya lokal sehingga kami dapat bersaing dan menjadi market leader dengan brand mancanegara yang hadir di market. Namun sejak tiga tahun terakhir, banyak bermunculan brand Indonesia dengan kualitas dan kuantitas yang dapat bersaing di pasar,” sebut Iben lagi.

Senada dengan apa yang dinyatakan oleh Komisaris PT Sambal Bakar Indonesia Catherine Wahju, “Pada dasarnya kami sangat ingin berkembang. Ingin terus dekat dengan masyarakat, agar customer yang ada dimanapun akan mudah menemukan Sambal Bakar ini, dan ekspansi bisnis nya berjalan terus,” ungkapnya singkat.