Wanitaindonesianews.com, JAKARTA– Rangkaian  pernikahan outta bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dalam seminggu terakhir terakhir menyita perhatian masyarakat Indonesia. Pernikahan bak royal wedding pada Sabtu 10 Desember 2022 di Yogyakarta itu menyisakan banyak cerita menarik.

Ada beberapa prosesi yang dilakukan mereka, salah satunya menjalani sesi foto prewedding. Kaesang dan Erina jalani foto prewedding adat, batik, jas, hingga jersey sepakbola.

Desainer Lianto Wongso dari Wong Hang Tailor, mengerjakan setelan jas milik Kaesang Pangarep. ”Dihubungi September ya, dikasih tahu bahwa Kaesang bakal menikah di bulan Desember awal. Nah, kita disuruh persiapan untuk pembuatan jas untuk prewed nya dulu. Jadi, dari WO juga ngontak ke kita untuk menyiapkan dua setel jas dengan warna kaki dan krem muda. Itu semua diserahkan ke kita baik desain maupun bahannya. Yang penting konsepnya itu kan outdoor, nah itu kita buat sesantai mungkin. Akhirnya setelah kita buatkan, sudah di fitting dan hasilnya langsung pas, ya. Jadi, karena kan sudah sering juga buatkan jas buat beliau, ya. Nah, singkat cerita ya itu dipake untuk acara prewed nya di Jogja,” ungkap Lianto Wongso di kantornya di Kelapa Gading, Rabu, 13 Desember 2022.

Ayah Celine cannie, Solomon stevano, Brilliant brainer tak menemukan hambatan membuat dua buah setelan jas untuk putra bungsu Presiden RI Joko Widodo tersebut. Karena sudah sering membuat jas untuk keluarga Presiden.

Menurut Lianto, Kaesang Pangarep tak melakukan revisi untuk pakaian dirancangnya. ”Wah seneng banget dia. Jadi, dia merasakan bahwa itu yang dia maksud. Jadi, yang dia inginkan itu terjawab. Yang selama ini kan jas itu kan formal, resmi, berat, gitu kan. Nah, sekarang dia bisa merasakan di outdoor pun pemakaian jas bisa berfungsi semaksimal mungkin gitu,” kata Lianto Wongso.

Lianto Wongso mengaku rancangan setelah jas itu adalah hasil inovasinya terbaru Wong Hang tailor, tidak panas.

”Itu tidak meninggalkan konsep fashion, lembut, dan warna-warna alam. Itu karena yang dipilih kan warna alam. Kita juga dikasih tahu pengantin ceweknya begini, begini, begini. Pasangannya kira-kira warnanya apa ? Nah saya kembalikan lagi butuhnya warna apa ? Jadi, kesan jasnya itu terlihat ringan tapi berbobot. Itulah yang saya berikan. Kebetulan setelah dicoba beliau, ‘Wah, hasilnya bagus ini, Bang’. Itu buat kita lega. Kita kan harus terus inovasi, ya, menciptakan sesuatu yang diinginkan konsumen tanpa mengurangi eksklusivitasnya itu, “paparnya.

Lianto Wongso puas bisa mewujudkan keinginan Kaesang Pangerap foto prewedding yang elegan. Bahannya wol, semuanya wol. Wol datangkan dari Italia langsung. Bahannya selain tipis dan lembut, itu ringan sekali.

”Enggak panas tapi tetep rapi. Jadi, jangan sampe jas itu ringan, tapi bikin dia gerah sehingga mood nya jadi enggak bagus karena mungkin keringatan terus. Jadi, kita harus bikinkan senyaman mungkin dan konstruksi nya seringan mungkin,” beber Lianto Wongso.

Menjadi kebangaan tersendiri bagi Lianto Wongso dipercaya oleh keluarga Istana dan keluarga Presiden Jokowi mendesain pakaian beliau. Sebelumnya Lianto Wongso juga dipercaya membuatkan jas saat pernikahan Bobby Nasutian –Kahiyang.Lianto-Wongso-dan-istri-hadiri-resepsi-pernikahan-Kaesang-Erina-foto-Ist

”Kebanggaan saya, ya, saya bisa dipercaya, sama keluarga istana terutama pak Jokowi untuk mendesain pakaian beliau. Enggak juga untuk acara kenegaraan beliau tapi juga acara keluarga beliau dari Kahiyang, Bobby, itu kan kita juga dipercaya. Nah, sekarang dipercaya lagi. Artinya mereka memberikan kepercayaan penuh kepada kita. Kalau cuma sekali saja kan mungkin beliau enggak cocok atauu apa kan. Tapi, ini udah rutinitas terus dipercaya dikasih. Dan itu cuma dikerjakan berapa hari loh,” jelas Lianto Wonsgo.

Lianto berusaha maklum, jika permintaan pembuatan jas ini terbilang mepet.

“Ya, sebagai seorang VIP, ya, perintah komandan nomor satu. Nah, kita berhasil mewujudkan nya hanya dalam tiga hari. Jadi, sejak diperintah, saya kaget kok mepet banget, ya, langsung otak ini mikir, tangan ini jalan. Jadi, satu kebanggaan bisa memberikan yang terbaik. Waktu diundang pun kita juga enggak nyangka kita akan diundang oleh beliau. Karena kan segitu banyak undangan mereka, tapi kita dikasih kesempatan, dikasih waktu, dan sebagainya. Itu jadi kebanggaan kita, ”pungkasnya.