WanitaIndonesianews.com, JAKARTA–Menjalani karir di P&G Indonesia sebagai Senior Brand Manager sekaligus sebagai Sustainability Champion merupakan perwujudan passion dan aspirasi Ariandes Veddytaro. Dengan latar belakang pendidikan dari dunia kesehatan dan pengalaman bekerja di industri kesehatan sebelumnya, Ariandes atau yang kerap disapa Andes bergabung dengan P&G Indonesia sebagai experienced hire dan dipercaya memegang peran sebagai Senior Brand Manager untuk Divisi Personal Health Care terutama kategori Nerve & Pain Relief Franchise.

Namun, seiring berjalannya waktu, P&G Indonesia fokus mengembangkan pilar Sustainability dalam strategi perusahaan dan membuka peluang bagi karyawan yang memiliki passion untuk berkontribusi kepada lingkungan. Hal ini sejalan dengan aspirasi karir Andes yang tidak hanya ingin mengembangkan karir secara profesional, namun juga dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat baik melalui produk kesehatan maupun program lingkungan, hingga akhirnya Andes pun turut bergabung menjadi bagian dari Sustainability Champion untuk P&G Indonesia.

Andes telah menjalani tanggung jawab sebagai Senior Brand Manager di P&G Health sekaligus Sustainability Champion sejak pertengahan tahun 2020 – tepatnya saat pandemi melanda dunia dan Indonesia. Menjalani 2 peran ini terutama di masa pandemi tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri baginya, namun Andes selalu berpegang teguh pada tujuan, nilai, dan prinsip perusahaan sebagai pedoman untuk diterapkan di dalam kegiatannya sehari-harinya.

Menurut Andes, P&G merupakan perusahaan yang serius dalam memberdayakan setiap talentanya untuk menjadi pemimpin. Kepemimpinan menjadi salah satu nilai yang melekat pada prinsip perusahaan. Sehingga, keseharian Andes di P&G selalu didasarkan pada upaya untuk dapat bertanggung jawab dalam memimpin diri sendiri, tim dan organisasi untuk bergerak dan berdampak baik pada masyarakat & lingkungan. Hal ini pun sesuai dengan misi perusahaan untuk menjadi force for good and force for growth.

Selain itu, peran perusahaan dalam mengembangkan dirinya sangatlah besar terutama dalam memberikan 3C, yakni coaching, collaboration, & celebration sehingga Andes dapat menjadi seorang pemimpin yang menjalani peran multifungsi bagi perusahaan seperti hari ini. Ia menjalani program mentorship, dimana hal ini sangat membantu dirinya untuk mendapatkan berbagai arahan dan tips dalam menjalani peran multifungsi.

Bahkan program mentorship ini tidak hanya melibatkan mentor dari P&G Indonesia saja, namun juga mentor dari P&G Regional sehingga Andes dapat memperkaya ilmu dan perspektif yang lebih luas lagi. Selain itu, P&G Indonesia juga selalu mendukung kolaborasi lintas divisi terutama saat para karyawannya menjalani berbagai project, dan selalu memberikan penghargaan secara berkala kepada karyawan yang menunjukan prestasi dan kontibusi nyata sehingga selalu memotivasi para karyawan untuk terus berkarya.

 Andes memiliki mantra dalam mengembangkan organisasi dan bisnis; ACE, yakni active, creative, & empowerment. Active; Bersikap proaktif terutama dalam mengantisipasi berbagai hal dalam pekerjaan kita, creative; Terus berinovasi dengan melihat berbagai peluang yang ada, dan empowerement; Mendukung satu sama lain agar menjadi tim yang solid demi kemajuan bersama. Hal ini juga membawa dirinya meraih 2 pencapaian yang paling berpengaruh selama ia bekerja di P&G Indonesia.

Dua pencapaian tersebut ialah suksesnya Batik Project untuk tim P&G Health Indonesia, dimana project ini sangat membantu tim medical sales kami dalam berinteraksi dan menyampaikan kampanye produk kepada customer terutama di masa pandemik melalui pendekatan metode omni-channel marketing.

Pencapaiannya yang kedua ialah peluncuran program Conscious Living di Jawa Barat, yakni program pengumpulan dan pemilahan sampah terutama sampah plastik HDPE dan multilayer (sachet) di Jawa Barat bekerjasama dengan salah satu mitra eco-agency berbasis digital yakni Octopus dan didukung penuh oleh pemerintah setempat.

 Namun tentunya, pencapaian-pencapaian tersebut tidak terlepas dari tantangan yang harus ia hadapi, Andes mengungkapkan bahwa tantangan terbesar yang ia hadapi dalam menjalani peran di P&G Indonesia terutama saat pandemi melanda adalah situasi VUCA itu sendiri, dimana pandemi semakin menambah tingkat volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas baik dalam mengembangkan kampanye produk kepada masyarakat maupun program-program sustainability. Sehingga, ia dituntut untuk lebih tangkas dan juga adaptif dalam menghadapi dinamika kondisi tersebut untuk dapat terus berkontribusi.

 Sebagai seorang Senior Brand Manager, Andes memiliki tujuan untuk terus memberikan edukasi dan solusi kesehatan terutama kesehatan saraf melalui produk-produk P&G Indonesia kepada masyarakat luas.

Sedangkan, sebagai seorang Sustainability Champion, ia berharap dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi untuk berkontribusi dalam program Conscious Living dengan melibatkan lebih banyak provinsi di Indonesia sehingga kita dapat mewujudkan budaya kehidupan yang ramah lingkungan sekaligus turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030.

Andes juga memiliki target Sustainable Living di masa depan dengan memperluas dan meratakan program Conscious Living di beberapa wilayah Indonesia, selain di Jawa Barat dan DKI Jakarta, agar masyarakat di daerah lain dapat turut berkontribusi kepada lingkungan dengan cara melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah plastik dari rumah yang selanjutnya akan di daur ulang oleh mitra eco agency kami.

Selain itu, masyarakat di daerah lain dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam program ini sebagai Pelestari atau mitra pengumpul sampah dibawah manajemen mitra eco-agency kami, yang diharapkan juga dapat memberikan dampak ekonomi yang positif kepada masyarakat.

Ditengah kesibukannya menjalani dua tanggung jawab besar, Andes sering meluangkan waktu melakukan hobinya, Andes memiliki hobi travelling terutama ke destinasi wisata daerah di Indonesia. Selain itu, Andes senang berkunjung ke museum maupun pameran yang sering diadakan di Jakarta untuk menambah ilmu pengetahuannya terutama dalam bidang sejarah maupun kreativitas. Andes juga cukup rutin berolahraga sepeda roadbike bersama para sahabatnya di Jakarta dan sekitarnya.