WanitaIndonesianews.com, JAKARTA – HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu dirayakan dengan gegap gempita oleh rakyat Indonesia. Tidak terkecuali oleh awak media,    sukses menggelar acara turnamen futsal yang diselenggarakan oleh Yayasan Insan Peduli Olahraga (IPO) dan Journalist Futsal Community (JFC) didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

 

 

Dalam ajang ini, tim SCTV secara mengejutkan keluar sebagai juara pertama turnamen futsal antarmedia menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 setelah di babak final menundukkan tim kuat Kompas Gramedia dengan skor 6-4 di lapangan Elang Futsal, Jakarta Barat, kemarin.

SCTV yang banyak diperkuat pemain muda bermain taktis mengandalkan umpan silang dan unggul sangat telak 5-0 di babak pertama. Pada babak kedua, Kompas Gramedia meningkatkan serangan sehingga skor menipis 6-4. Skor ini bertahan hingga akhir pertandingan yang menggunakan sistem gugur dengan waktu pertandingan 2×15 menit.

Selama tahun 2023, sudah tiga kali digelar turnamen futsal antarmedia dengan tim Kompas Gramedia selalu menjadi juara pertama sebanyak dua kali. Namun kali ini, SCTV berhasil mematahkan dominasi Kompas Grup.

Dengan keberhasilan ini, SCTV berhak menggondol hadiah sebesar Rp6 juta dan piala. Kompas Gramedia sebagai juara kedua meraih Rp4 juta dan piala.

Meski gagal menjadi juara pertama, namun Kompas berhasil menempati runner up dan juara ketiga.

Juara ketiga diraih KG Media (Kompas Grup) setelah menundukkan Detik.com dengan skor 7-6. Dengan demikian KG Media berhak menggondol Rp3 juta dan piala, sedangkan Detik.com membawa pulang hadiah Rp2 juta.

Ketua Umum SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa yang membuka acara mengemukakan, turnamen futsal antarmedia tahun 2023 ini diikuti 16 tim media terkemuka nasional. Tujuannya untuk menggairahkan semangat berolahraga di kalangan wartawan, makin mempererat tali silaturahmi sekaligus menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-78.

“Turnamen ini atas kerja sama Yayasan Insan Peduli Olahraga (IPO) dan Journalist Futsal Community (JFC) didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berhadiah total Rp15 juta,” kata Ariwangsa didampingi Ketua Panitia, Aby Bahagiana dan Tournament Director Balian Siregar.

Ariwangsa berharap, ke depan ajang turnamen seperti ini makin sering digelar untuk meningkatkan prestasi dan menjaga kebugaran insan pers. “Cabang olahraga apa pun akan semakin kompetitif dan terasah jika frekwensi pertandingan makin banyak,” papar Ariwangsa yang juga Pemimpin Redaksi Suara Karya Online.

Ketua panitia Aby Bahagiana menambahkan, ada empat grup media besar yang mengirimkan dua tim futsal. Yakni, Kompas Grup, Emtek Grup, Metro TV Grup dan Trans Media Grup.

Menurut Aby, JFC sudah sejak tahun 2007 menggelar berbagai even futsal media. Pada tahun 2023 ini Kompas selalu merajai dengan berhasil dua kali menjadi juara pertama. Dominasi ini berhasil dipatahkan Emtek Grup melalui SCTV yang mengirimkan pemain muda.

Olahraga futsal yang melibatkan 5 pemain setiap timnya dinilai memang cukup populer di kalangan pers. Bahkan beberapa grup media memiliki lapangan futsal sendiri seperti Kompas Gramedia yang berlatih rutin hampir setiap hari.

Aby menuturkan, turnamen berjalan lancar karena para wasit yang memimpin pertandingan dari Pengprov PSSI DKI bertindak adil dan cukup tegas. Panitia juga berterima kasih kepada setiap tim peserta yang menunjukkan jiwa sportifitas tinggi. “Memang ada beberapa pemain yang mengalami cedera ringan, namun langsung ditangani tim medis,” ucapnya.

Tidak tanggung-tanggung panitia menyediakan 2 ambulans berperalatan kesehatan lengkap untuk mengantisipasi cedera pemain. Panitia juga menyediakan konsumsi gratis untuk tim peserta.

“Masalah kesehatan pemain, kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas kami,” sebutnya.

Panitia juga menyediakan sembilan jenis doorprize yang diundi berdasarkan nama pemain futsal.
Turnamen futsal ini terselenggara atas dukungan Kemenpora, Pupuk Indonesia, Pertamina, BRI, Telkom Indonesia dan Aqua Danone.