WanitaIndonesianews.com,CIKARANG– Di bulan Ramadan, kurang afdhol rasanya jika tidak melakukan kegiatan buka puasa di luar.

Restoran Dapur Coet , bisa menjadi andalan untuk keluarga yang ingin merayakan buka puasa dengan suasana rumah khas Betawi yang kental.

Restoran yang berdiri sejak 21 Mei 2011 ini mengusung konsep open kitchen  dan memiliki 2 lokasi, yaitu Dapur Coet 1 terletak di  Jalan Tarum Barat II Blok C3 No 53, Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat dan Dapur Coet 2 (berdiri pada 19 Desember 2016) di Ruko Pasar Bersih Cikarang, Jalan Antilop Raya, Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Ya, salah satu keunikan Dapur Coet adalah konsep open kitchen. Dimana saat memasuki restoran, pengunjung dapat langsung menyaksikan para chef sedang  mengolah  dan menata makanan.

Dari balik kaca, terlihat gorengan bala-bala, pisang goreng keju, dan tahu isi pedas masih diatas penggorengan. Sungguh ini menggugah selera. Ditambah dengan deretan coet yang tersusun setengah bertumpuk yang telah berisikan bahan mentah sambal dadak.

Dapur Coet menawarkan pengalaman yang unik bagi keluarga yang ingin berbuka puasa dengan suasana yang berbeda. Pengunjung dapat  memilih makan di tempat dengan meja yang berbaris atau lesehan.

Siti Nurlaila, sang pemilik memberi alasan penyebutan  nama Dapur Coet  pada restorannya.

Siti Nurlaila bersama Ayu, putri semata wayangnya (foto: ist)

” Dapur melambangkan tempat pengolahan makanan, dan Coet diambil dari bahasa Sunda yang bermakna cobek atau tempat untuk mengolah sambal,” ungkap Laila, begitu ibu satu anak, biasa disapa.

Bagi yang ingin berbuka puasa di Dapur Coet, resto ini menyajikan hidangan lezat khas sunda dengan cita rasa yang menggugah selera.

Menu favorit yang ditawarkan di restoran yang berkapasitas 300 orang ini, diantaranya Ayam Goreng Kampung dengan bumbu serundeng, Pepes Ikan, Telor Cabe Ijo, Ayam Cabe Ijo, Sate Jengkol, Jengkol Balado, Perkedel Jadul,Tahu Tempe, dan tentunya Sambal Dadak khas Dapur Coet.

Ada juga aneka pepes, seperti Pepes Ikan Peda, Ikan Mas, Ikan Jambal, Ikan Sepat, Pepes Jamur, dan Pepes Tahu.

Tidak lengkap rasanya jika menyantap menu Sunda tanpa sayuran berserat, maka sebagai menu tambahan Dapur Coet  juga menawarkan Sayur Asem, Sop Sapi, Karedok, Rujak, dan Pecak Kangkung.

“Menu Ayam Goreng Serundeng ini banyak yang suka, sehari bisa menghabiskan sekitar 300 ekor ayam untuk dua restoran. Kita menggunakan ayam kampung muda dengan bumbu khas,” jelas Laila.

Sedangkan sebagai menu penutup juga tersedia berbagai menu minuman, Es Selendang Mayang, Es Sekoteng,Es Jeruk, Es Kelapa Gula Merah, Seharum Coffee Aren, dan beragam  jenis jus buah.
Bagi yang berencana untuk berbuka puasa di Dapur Coet tersedia pilihan menu dari  Paket Ramadan, dimulai dari menu Ramadan 1 hingga Ramadan 4 dengan harga mulai dari Rp799.000 sampai Rp1.099.000 untuk 10 pax.
Promo diskon 10% diberikan bagi 100 orang pertama yang melakukan reservasi.

Laila juga membuatkan paket dengan harga khusus  bagi pengunjung yang datang lebih dari 5 orang. Dapur Coet  menawarkan tiga jenis “Paket Tampah”, Rp400,000 (Paket Nasi Tampah 1 untuk 5 pax), Rp935.000 (Paket Nasi Tampah 2 untuk10 pax), dan Rp1.870.000 (Paket Nasi Tampah 3 untuk 20 pax) dengan menu antara lain Nasi Bakul, Aneka Gorengan, Ayam Goreng Kampung, Jengkol Balado/Sate Jengkol, Gurame Saos Padang, pilihan minuman, lalapan mentah, lalapan rebusan, dan berbagai menu pilihan lainnya.

“Kami mengusung tagline Pas di Harga, Pas di Rasa ya. Harganya mulai dari Rp4.000 hingga Rp32.000. Sedangkan untuk minuman dibandrol mulai dari Rp4.000 hingga Rp21.000. Relatif murah dengan rasa yang tidak kaleng-kaleng,”ujar anak pertama dari 7 bersaudara, ini.

Dengan beragam menu yang disajikan, tak heran jika tempat bukber ini menjadi pilihan favorit bagi banyak keluarga di Cikarang dan sekitarnya, untuk menikmati momen buka puasa yang berbeda dan menyenangkan.

“Segera reservasi terlebih dahulu di Dapur Coet 1 dan 2 jika ingin mengajak keluarga, teman dan kerabat ya,” ujar Laila.

Ekspansi ke Jakarta

Sukses dengan bisnis restoran,  belakangan Laila juga menjalankan bisnis katering dan kue dengan nama Ayudia Catering dan Seharum Kue.

Ayudia Catering merupakan catering dengan konsep buffet untuk melayani event-event baik di perusahaan, di pabrik, untuk acara seminar atau meeting, maupun acara keluarga seperti pesta ulang tahun.

Sedangkan Seharum Kue, merupakan jajanan warisan Nusantara  yang menyediakan aneka macam kue basah dengan menggunakan premium ingredients.

“Untuk bisnis kue ini , saya mempercayakan kepada adik bungsu saya. Kebetulan dia ada passion disitu. Sedangkan untuk katering dijalankan oleh anak saya Ayu,” papar Laila yang juga sukses berbisnis properti.

Laila bersyukur dengan keuletan dalam menjalankan bisnis Dapur Coet dapat memberi manfaat kepada banyak orang di sekitarnya.

“Saya ingin lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja. InsyaAllah dalam waktu dekat Dapur Coet mau ekspansi ke wilayah lainnya dan Jakarta Selatan menjadi target selanjutnya,” ujar Laila yang terkenal memiliki jiwa sosial yang tinggi.