WanitaIndonesianews.com, JAKARTA– Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melaporkan, pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (ZIS-DSKL) selama periode Maret-April 2024 naik 32,5 persen dibandingkan pengumpulan dua bulan oleh Panitia Ramadhan tahun lalu.

 

Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyampaikan, pengumpulan ZIS Ramadhan 1445 H yang didapat sejak 1 Maret hingga 30 April 2024 melampaui target sebesar Rp447,9 miliar atau 104,17 persen dengan penerima manfaat hingga 944.699 orang.

“Meningkatnya jumlah penghimpunan tak lepas dari kinerja menyeluruh mulai dari penghimpunan hingga pada penyaluran zakat yang bermanfaat bagi penerima zakat atau mustahik,” ujar Kiai Noor dalam acara Tasyakur Panitia Ramadhan 2024, di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Kiai Noor mengungkapkan, peningkatan jumlah pengumpulan ZIS selama Ramadhan 1445 H cukup realistis mengingat setiap tahunnya pengumpulan zakat selalu mengalami peningkatan.

“Untuk tahun ini, BAZNAS mengusung tagline Nikmatnya Berzakat: Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahik sebagai wujud komitmen BAZNAS dalam mengembangkan zakat sebagai instrumen keadilan sosial,” jelasnya.

Kiai Noor menjelaskan, penyaluran dana ZIS untuk 944.699 penerima manfaat dilakukan melalui skema 22 program yang diusung BAZNAS selama Ramadhan 1445 H, meliputi program Paket Ramadhan Bahagia, Zakat Fitrah, Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi, Pendidikan Kesehatan di Pesantren Seluruh Indonesia, Bincang Sehat selama Ramadhan, Pos Siaga Mudik, Layanan Kesehatan Posko Mudik, Bedah Musholla, Hidangan Berkah Ramadhan, dan Rumah Layak Huni BAZNAS.

Kemudian ada program Cerita Mustahik Berbagi Ramadhan, Bazar Ramadhan, Paket Pangan Ramadhan 1445 H, Kurasi Produk Cuan Ramadhan, Berkah Parcel Ramadhan, Pesantren Kilat Digital Marketing, Hidangan Iftar untuk Palestina, Ramadhan bersama Disabilitas, Berkah Gulai Ramadhan, Gerai Z-Ifhtar dan Pelatihan Pembuatan Konten dan Pemasaran Digital Cuan Ramadhan.

“Program-program di atas menyasar kepada mustahik di seluruh Indonesia. Sehingga dengan adanya program-program ini, BAZNAS tidak hanya berfokus pada penghimpunan, tetapi juga menciptakan pendistribusian zakat yang berkualitas di seluruh Indonesia,” ucap Kiai Noor.

Menurut Kiai Noor, jika muzaki tentram maka para mustahik akan bahagia. Jika seseorang beribadah sudah merasa nikmat, maka orang itu sudah merasakan simpati tidak hanya kepada dirinya tetapi juga kepada orang lain.

“Kita juga memberikan pelayanan terbaik bagi muzaki. Kami sampaikan kepada seluruh BAZNAS se-Indonesia jangan pernah lupa mendoakan para muzaki. Demikian juga jangan pernah lupa membuat mustahik bahagia. Ini perlu kita ciptakan bersama di masa yang akan datang,” tambahnya.

Kiai Noor juga mengucapkan terima kasih kepada panitia Ramadhan, juga seluruh pihak yang telah bersama-sama BAZNAS sehingga target pengumpulan Ramadhan 2024 ini dapat melampaui target.