Desain modest fashion ternama Indonesia, Nina Nugroho menjadi pelopor di industri fashion untuk menghadapi era new normal. Inovasi terhadap keberlangsungan dunia fashion di Indonesia diwujudkan dengan melaunching 18 lini produk fashion terbaru. Waaah… keren sekali ya.

Pandemi Covid-19 yang berdampak besar pada industri modest fashion meluluh lantakan impian dan rencana kerja desainer Indonesia. Tren busana Ramadan dan Lebaran tidak bisa dipamerkan di run way.

Order yang menurun, serta ragam masalah sehubungan dengan bisnis itu sendiri. Tak terkecuali desainer Nina Nugroho yang telah mempersiapkan segalanya selama berbulan-bulan.

Desainer muda yang mampu membaca selera pasar ini tidak lantas larut dan terpuruk. Dia bangkit, menggerakkan teamnya dengan merubah strategi dan konsep pemasaran serta produk, guna mencari jalan meminimalkan dampak krisis bagi usaha dan karyawannya.

Fashion , desain Nina Nugroho banyak diminati wanita bekerja /foto: istimewa

Tentu bukan cuma tren fashion semata, tapi kepekaan Nina melihat situasi yang tengah terjadi hingga hadir lini baru seiring pemberlakuan Era New Normal.

Saat Ramadan lalu, busana muslim produksinya tidak banyak mengalami penurunan omset. Pelanggan pun dibuat mendekat dengan konsep desain suistanable. Busana multifungsi, selain untuk silaturahmi, bisa dikenakan untuk hang-out dan bekerja.

 

Konsistensi Taklukan Tantangan

Trial dan error menjadi salah satu kunci sukses dirinya.
Selain membuat busana, Nina menambahkan produk cookie lebaran. “Alasannya sederhana, pada masa pandemi, masyarakat lebih memprioritaskan untuk belanja makanan dan mengurangi belanja fashion, khususnya pada momen Lebaran lalu,” kata Nina.

Nina Nugroho rutin melahirkan berbagai lini fashion di tanah air /foto: istimewa

Namun terkendala pada proses pengemasan serta pengiriman, Nina menghentikan produksinya.
Lini lain berupa Al – Quran yang didesain eksklusif dengan sampul berbahan kulit asli. Sangat istimewa dan limited edition. Bisa untuk hantaran lebaran, juga diperuntukan sebagai mas kawin. Dalam keseharian menjadi bacaan wajib yang diamalkan.

Sementara untuk pekerja yang sedang WFH, saya menghadirkan konsep desain praktis.

“Menggunakan bahan yang nyaman di kulit, dan jika dilihat dari layar ketika mereka melakukan meeting virtual, jatuhnya terlihat bagus,”lanjutnya.

Gebrakan Nina untuk New Normal akan dimulai awal Juli nanti. Sebanyak 18 items lini produk modest fashion dipersembahkan untuk pekerja dan masyarakat yang beraktifitas di luar rumah (Rembulan Perak).