WanitaIndonesianews.com, JAKARTA–Berbagai keluhan yang dialami pasien penyintas Covid 19 ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih melihat gejala yang sangat bervariasi dan sangat mengganggu para penyintas, mulai dari   simptomatik ringan seperti batuk, jantung berdebar hingga gangguan mental. Inilah yang dinamakan gejala Long Covid Syndrome. 

Banyaknya pasien penyintas datang dengam keluhan Long Covid Syndrome, menjadi perhatian besar RS Premier Jatinegara.

Maka akhir pekan lalu, RS Premier Jatinegara secara resmi membuka Sentra Pemulihan Covid 19.

dr. Ida Bernida Sp.P, FCCP , dokter spesialis paru di RS Premier Jatinegara mengatakan lonjakan pasien penyintas covid 19 kian hari kian bertambah.

sebagian besar pasien penyintas covid-19 yang  mengalami Long Covid Syndrome datang dengan  gejala yang sangat bervariasi dan mengganggu mulai dari simptomatik ringan seperti batuk, jantung berdebar.

Hal lain yang juga dialami adalah sulit tidur, kehilangan nafsu makan, hilang sensasi penciuman, merasa lemas hingga disfungsi pernafasan, pembekuan darah/ kardiovaskular, gejala neurologi pusat/ komplikasi perifer, gangguan fisik, emosional dan psikologis.

Jika tidak tertanggani secara baik, maka tentu saja akan berdampak buruk di masa depan.

Sentra Pemulihan Pascacovid-19 RS Premier Jatinegara ditunjang dengan program rehabilitatif yang memadai, para pasien pascacovid akan mendapatkan pertolongan yang tepat untuk pemulihan jiwa,  raga dan sosial.

“Disini kita mempersiapkan pasien  untuk kembali kepada aktivitas dan produktivitas sediakala yakni bekerja, sekolah, dan berkegiatan sehari-hari lainnya, ” ujar dr. Ida.

Sedangkan dr. Yaya Sudibyo Sp.KFR, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Premier Jatinegara mengatakan rencana terapi atau latihan yang diberikan kepada pasien sembuh covid 19/penyintas akan dirancang secara personalized.

Mulai dari latihan uji kapasitas fungsional (Sit to Stand test, dan lain lain ), uji fungsi otot pernapasan, Uji kekuatan otot & ekstremitas.

“Pasien ditangani tim dokter spesialis multidisipliner. Tentunya sesuai kebutuhan pasien dan salah satu yang paling berperan adalah dokter spesialis rehabilitasi medik. Dimana nanti latihan fisik nya sendiri akan kita berikan secara tailor made, sesuai kebutuhan pasien. Mulai dari peregangan, pernapasan, aerobic dan penguatan,” papar dr Yaya.

Begitu pun , guna menanggani gangguan mental pasca covid-19, Sentral Pemulihan juga memfasilitasi dengan dokter psikolog.

Beberapa layanan psikolog yang disediakan di dalam sentra pemulihan pascacovid antara lain, konseling, meditasi/relaksasi, supportive lainnya, serta memberi catatan makanan berimbang, dan vitamin.

“Karena pasca covid berbagai maslah mental bisa terjadi. Perasaan cemas  sampai kepada depresi dan berbagai masalah mental lainnya. Tentunya ini akan kami perhatikan secara serius, “ jelas Dr. Anastasia Sri Maryani, Mpsi, Psikolog, RS Premier Jatinegara.

Penanganan secara terpadu yang disediakan dalam Sentra Pemulihan Pascacovid-19 RS Premier Bintaro hadir untuk para penyintas covid19 dimanapun berada di Indonesia. Jam pelayanan di awal akan dibuka setiap hari Senin, Rabu & Jumat pukul 15.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang datang .

“Kami percaya jika para penyintas/pasien sembuh covid dibantu untuk dapat mengoptimalkan kondisinya sehingga dapat kembali aktif dan produktif lewat sentra pemulihan ini. Kami berharap ini akan berdampak pada pemulihan ekonomi di Republik Indonesia. Semakin cepat Indonesia pulih dari pandemi, semakin cepat Indonesia Maju,” tutup dr. Levina Avissa, Manager  Operasional RS Premier Jatinegara.