GoHappyLive. Com, JAKARTA–Guna percepatan terbentuknya herd immunity terhadap covid 19, pemerintah menargetkan 1 juta vaksin dalam sehari selama Agustus mendatang.

 

 

SehatQ, salah satu startup  di bidang health tech berkomitmen dalam mensukseskan program pemerintah ini.

Terhitung sudah kali kedelapan SehatQ memfasilitasi sentra vaksin untuk masyarakat.

Sabtu, 2/7 kemarin sebanyak 1.300 orang menjalani vaksinasi covid 19 di pusat perbelanjaan. QBig BSD City, Tangerang.

Pekerja retail dan pelayan publik merupakan target penerima vaksin kali ini.

“Salah satu target vaksinasi adalah segera terbentuknya percepatan pembentukan kekebalan komunitas atau herd immunity, “ungkap Linda Wijaya, Founder SehatQ.

Herd immunity merupakan kekebalan kelompok atau kekebalan kawanan  dimana  suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya atau vaksinasi, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.

Berlokasi di  pusat perbelanjaan QBig BSD City, Tangerang, Linda berharap target 1300 peserta vaksin dapat tercapai dalam satu hari.

“Ya targetnya 1.300 peserta. Semoga dengan semakin banyaknya jumlah penerima vaksin, dalam hal ini di sektor UMKM, perdagangan, dan ritel, perekonomian bisa segera pulih secara bertahap,” lanjut Linda.

Sebelumnya, SehatQ telah menggelar program vaksinasi Covid-19 di lokasi yang sama pada 18 Juni 2021, melalui kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Melihat antusiasme masyarakat untuk segera memperoleh vaksin, SehatQ pun tengah merencanakan untuk membuka sentra vaksinasi Covid-19 di lokasi lain, demi memperluas jangkauan.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya SehatQ dalam mendukung pemerintah yang sedang menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Dengan semakin banyaknya sektor yang menerima vaksin, para pelaku usaha diharapkan dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas bisnis, yang juga akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat secara umum. APPBI berharap pusat perbelanjaan lain juga dapat menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan sentra vaksinasi.

“Menteri Kesehatan, Bapak Budi Gunadi Sadikin memberi dukungan penuh terhadap percepatan vaksinasi, sebagai bagian dari program satu juta vaksin per hari dari pemerintah pusat. Salah satu bentuknya adalah dengan menyediakan lokasi vaksinasi Covid-19 di mal,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI),
Alphonzus Widjaja.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar turut mendorong agar masyarakat segera menjalani vaksinasi Covid-19 yang sudah dipersiapkan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah
daerah.

“Ayo kita bersama-sama melaksanakan vaksinasi untuk menjaga tubuh kita,
keluarga kita, dan lingkungan kita dari paparan virus Covid-19. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi SehatQ,” kata Zaki.

Selain memfasilitasi pelaksanaan sentra vaksinasi Covid-19, SehatQ juga memberikan kemudahan melalui layanan pendaftaran secara online bagi calon peserta.

Hal ini bertujuan agar pada saat pelaksanaan tidak terjadi penumpukan massa.

“ Melalui sistem online, calon penerima
vaksin dapat dengan mudah dan cepat melakukan pendaftaran dari rumah, dan langsung hadir ke sentra vaksinasi sesuai waktu yang telah dijadwalkan,” pungkas Linda