WanitaIndonesianews.com, JAKARTA–Moment Ramadan kerap menjadi ajang adu kreativitas bagi  para penyanyi papan atas untuk mengeluarkan single lagu bernuansa religi.  Jika mampu memikat hati pendengarnya, maka dipastikan karya tersebut bakal menjadi ‘lagu kebangsaan’ yang senantiasa menemani masyarakat muslim selama menjalankan ibadah di bulan suci,  sepanjang masa.

 

 

Sejak lama, bulan Ramadan sangat identik dengan lagu-lagu religi untuk penyejuk hati.  Sebut saja,  di era 80 -an  telinga kita sangat akrab dengan lantunan-lantunan lagu religi milik Bimbo. Hingga kini karya Bimbo masih kerap diperdengarkan.

Kemudian di era tahun 2000-an, hadir pula Opick dengan lagu Tombo Hati . Sejak dirilis pertama kali hingga mengeluarkan banyak lagu-lagu religi, masyarakat sangat menikmati karya-karya Opick yang kuat akan lirik dan sarat makna.

Selain Bimbo dan Opick, terdapat juga  Uje, Ungu, Wali hingga grup Sabyan yang beberapa saat hadir dengan karya-karya fenomenal.

Menariknya, pada ramadan 1444 kali ini, masyarakat dihibur oleh vokal The Azhari’s ( ayu azhari, Isabel Azhari, Lennon Azhari dan Maryam Azhari.  Meski terbilang baru sebagai grup vocal,  mereka sukses membawakan lagu berjudul Marhaban ya Ramadan, karya cipta M. Insani Assegaf dengan sentuhan arranger Mike  Tramp dan Marcus Nand.

Terbukti, begitu dirilis serentak di 30 radio nasional pada tanggal 31 Maret 2023 kemarin, lagu tersebut  langsung menjadi trending topik di sosial media. Banjir  komentar positif  berdatangan  usai mendengar lagu Marhaban Ya Ramadan.

Barusan dengerin lagu #MarhabanYaaRamadhan di ytnya The Azhari asli enak banget lagunya, kalian wajib dengerin sih kalo kata gw, komentar  michioso@jo_limits sambil membagikan link youtube The Azhari.

Kemudian dilanjut dengan komentar dari akun fb dong @sseulsseulbi: barusan dengerin Marhaban Ya Ramadhan nya The Azhari ini adeeemm banget didenger suaranya MasyaAllah. Orang-orang juga harus dengerin siiihhh, katanya membubuhi emoji jempol

Dari akun sipaaa@syifaarhmh menyampaikan komentar : sambil nunggu buka puasa bingung dirumah aja mending dengerin lagulagu dichannel youtube The Azhari

Mendapat apresiasi yang positif  masyarakat, Ayu Azhari  seketika berucap  syukur.

“Alhamdulillah, yang penting ada kebersamaan di moment Ramadhan. Terus terang saya masih belajar, dan anak anak juga masih panjang tahapannya masih belajar . Tugas saya menjaga dan membina, mengarahkan. Selebihnya berdoa yang terbaik buat mereka,” ungkap Ayu.

Sebelumnya  pada Desember 2022 lalu, The Azhari’s telah merilis single berjudul Ya Hannan Ya Mannan. Ayu menyebutnya sebagai sebuah perjalanan spiritual, proses pencarian dan menemukan ketenangan serta kebahagiaan.

“Sebenarnya ini lebih pada realisasi karya untuk kebersamaan, jadi tidak hanya dalam angan. Ini adalah sebuah karya keluarga, karena anak-anak dan suami berkolaborasi. Alhamdulillah, kami saling mendukung dalam kebersamaan,” ujar Ayu, tersenyum.

Belakangan setelah tidak lagi muncul di seni peran, Ayu Azhari mengasah talentanya di dunia tarik suara. Beberapa lagu dari sejumlah genre musik, mulai dari pop, dangdut dan religi berhasil menjaga nama besarnya.

Namun begitu, menurut Ayu semua tidak terlepas dari campur tangan Allah SWT. Terlepas bahwa sebuah karya dikeluarkan sebagai bentuk kreativitas, penyanyi dan lagu yang dibawakan juga harus berjodoh.

“Seperti di lagu Marhaban Yaa Ramadan  yang  sangat indah dari Habib M. Insani Asseggaf. Itulah namanya lagu itu ada jodohnya… Marhaban Yaa Ramadhan  merupakan  jodoh  kami. Kami  membawakan di Ramadhan tahun ini.  Niatnya buat semangat untuk memuliakan bulan Ramadhan dan mengingat masih banyak harapan yang bisa kita capai selagi kita mau menjemput perubahan. Karena bagi saya Ramadhan moment untuk menggapai perubahan, untuk  kualitas hidup menjadi lebih baik,” papar kakak kandung Sarah Azhar dan Rahma Azhari ini, lagi.

Saat disinggung bahwa melalui single religi, Ayu ingin berbagi cerita tentang hidayah yang harus selalu dikejar oleh seorang manusia, Ayu tidak seketika mengamini.  Dengan sikap rendah hati dia mengatakan sebagai seniman dirinya hanya berkarya

“Insya Allah yang namanya hidayah , kita musti berusaha menjemputnya. Moment Ramadhan saat yang pas, karena banyak kebaikan diturunkan. Tapi sekali lagi, ini tidak untuk menggurui, karena saya masih belajar. Saya hanya ingin  mengajak anak anak untuk  ikut menyambutnya dengan kegembiraan. Syahrul Mubarak. Saya berharap dengan karya lagu Marhaban Yaa Ramadhan ini bisa mengena dan menjadi semangat pengingat akan bulan yang mulia dan penuh rahmat.   Untuk kita meraih banyak perubahan yang  lebih baik dalam hidup kedepannya,” pungkas Ayu, panjang lebar.