Berupaya menjaga stabilitas perkembangan hulu dan hilir industri kopi dan memperkenalkan ekosistem industri kopi Indonesia kepada dunia dengan menciptakan ekosistem kolaborasi pentahelix berskala global, event Jakarta International Coffee Conference (JICC) hadir di Gedung Sarinah, Jakarta, pada 17 – 19 November 2023.

 

 

Melalui rangkaian event yang melibatkan para pembicara dan pelaku industri kopi kelas dunia. JICC terselenggara berkat kerja sama Indonesia Gastronomi Network dan komunitas Jakarta Coffee Experience dengan berbagai pihak seperti Jaya Raya, Enjoy Jakarta, Sukses Jakarta Untuk Indonesia, Jakarta Creative, TEAMUP Creative Ecosystem dan mendapatkan dukungan penuh dari Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

“Melalui JICC, kami ingin memperkenalkan ekosistem industri kopi Indonesia yang siap berkompetisi pada tingkat global, serta memfasilitasi kolaborasi tingkat internasional antara pelaku industri kopi Indonesia dengan dunia. Kolaborasi kita harapkan bisa menjaga hulu dan hilir industri kopi ke depan agar stabil dan menjadi industri yang berkelanjutan,” papar Ketua Komite JICC. Andanu Prasetyo, Sabtu (28/10).

Perhelatan ini, ujarnya, akan menawarkan pengalaman yang menggambarkan perkembangan industri kopi Indonesia dan dunia yang kini berkembang menjadi bagian dari industri kreatif.
JICC juga akan menjawab kebutuhan para stakeholder mulai dari produksi, investasi, hingga pemasaran, melalui kolaborasi pentahelix baik lokal maupun internasional. Selain mengundang para pembicara yang kompeten di bidang ini, JICC juga dikemas dengan berbagai konten pendukung yang menarik sehingga dapat menjangkau audiens lebih luas.

Lebih lanjut, Ketua Penyelenggara Ahmad Romero Comacho menjelaskan, empat nilai inti yang mendasari terselenggaranya JICC. Yakni komunitas yang saling mendukung secara positif, kolaborasi yang menghasilkan gerakan bersama dan berdampak, pengalaman yang tercipta dari aktivitas kolaborasi dan komunitas, serta kegiatan Business to Business (B2B).

“JICC ingin menjadi ekosistem untuk bisa meningkatkan industri kopi Indonesia dengan segala tantangan yang sedang dialami seluruh pelaku industri kopi di dunia dimana melalui diplomasi kopi dan konferensi ini bisa menjadi solusi untuk para pelaku mulai dari petani kopi, barista, hingga pemilik usaha agar lebih berkembang dan diharapkan bisa terjadi kolaborasi bersama meningkatkan industri kopi Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini Indonesia adalah produsen kopi terbesar keempat di dunia, setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Negara kita menghasilkan 660.000 metrik ton kopi pada musim tanam 2020/2021, dengan total nilai ekspor USD 1,1 miliar.

Sedangkan dilihat dari tingkat konsumsi, pada 2020, konsumsi kopi per kapita di Indonesia adalah sekitar 1,3 kg per tahun. Budaya minum kopi itu sendiri tak hanya merupakan entitas bangsa, namun kini juga telah berkembang menjadi bagian dari seni gastronomi serta gaya hidup masyarakat luas.

Adapun rangkaian event yang akan berlangsung selama JICC selain berupa eksebisi, konferensi, dan kompetisi; juga mendorong sisi pemasaran sekaligus merangkul industri seni dan hiburan. Beberapa acara menarik yang akan digelar di antaranya:

Conference & Educations : Konferensi dan edukasi mengenai industri kopi dari hulu ke hilir, dari mulai penanaman kopi di lahan yang tepat hingga kopi bisa dinikmati. Disini para pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman membuat kopi yang sesuai dengan selera diri sendiri.

Diplomasi Kopi : Program ini bertujuan meningkatkan sinergi diplomasi kopi berkelanjutan dan berdaya saing untuk peningkatan ekspor kopi di pasar global, melalui kerja sama strategis mitra bisnis antara negara sahabat berikut dengan stakeholder mereka.

Coffee Business Matching : Bisnis forum yang mempertemukan antara produsen dan konsumen untuk melakukan negosiasi bisnis yang saling menguntungkan demi kemajuan industri kopi.
Kesempatan yang baik untuk semua pihak mendapatkan wawasan mengenai industri kopi dan memperkenalkan industri secara lintas negara kepada mitra yang pontesial dan membawa ke tingkat yang lebih tinggi.

Coffee and Art Exhibition : Sebuah showcase dan diorama yang memperkenalkan kopi yang kental akan industri kreatif, tersemat pula sajian edukatif mengenai industri kopi itu sendiri, melalui kolaborasi antara JICC bersama Klasik Beans, Historia, dan Seniman Urban.

Para penikmat kopi, pelaku industri kopi serta industri kreatif pendukung seperti seni dan hiburan yang ingin menjadi bagian dari perhelatan internasional ini dapat bergabung dengan cara melakukan registrasi tenant melalui website https://jiccindonesia.com. Tiket pengunjung juga bisa didapatkan tanpa biaya melalui tautan yang sama.