WanitaIndonesianews.com, JAKARTA–Bank Rakyat Indonesia (BRI)  dinilai menjadi lembaga perbankan yang berhasil masuk ke segmen UMKM. Hal tersebut mendapat  apresiasi dari Anggota Komisi XI DPR RI Dr. Anis Byarwati.

 

Tak hanya itu, dalam forum Focus Group Discussion (FGD) pada awal November 2023 ini, Komisi XI DPR RI mengapresiasi kepada Sunarso Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atas capaian Sunarso sebagai CEO terbaik atau CEO of The Year dari majalah FinanceAsia, Hong Kong.

Dalam rangka FGD (focus group discussion) Komisi XI DPR RI dengan BRI yang bertempat di Gedung BRI 1, Jl. Jend. Sudirman No. 44-46 Jakarta Pusat, Anggota Komisi XI DPR RI Dr. Anis Byarwati memberikan apresiasi kepada Sunarso Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. atas capaian Sunarso sebagai CEO terbaik atau CEO of The Year dari majalah FinanceAsia, Hong Kong.

“Prof. Jay K. Rosengard dari Harvard Kennedy School juga mengakui peran BRI terhadap UMKM. Jadi lembaga perbankan dunia lain yang mencoba masuk ke segmen UMKM, tidak ada yang sesukses BRI. Upaya BRI untuk mensejahterakan UMKM patut kita dukung dan kita apresiasi,” ulas Anis.

Kemudian, Anis yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua BAKN (Badan Akuntabilitas Keuangan Negara) DPR RI ini juga menanggapi positif tentang adanya BRI Link yang sangat membantu di pelosok-pelosok daerah Indonesia. Orang yang bekerja di Jakarta namun kampungnya pelosok Sukabumi dapat mengirim gajinya untuk keluarganya di kampung melalui agen BRI Link. Warga kampung di Sukabumi ini merasa sangat terbantu dengan BRI Link.

Lebih jauh lagI, perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini berharap, agar BRI dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana untuk menghapuskan ketergantungan masyarakat terhadap praktik rentenir.

Anis berpendapat, bila BRI dengan jaringan yang luas melalui BRI Link dapat melakukan fungsi peer to peer lending yang dekat kepada masyarakat selain untuk memberdayakan UMKM juga dapat membantu masyarakat jika membutuhkan pinjaman segera agar lebih dekat dan mudah.

Anis berharap  fungsi BRI Link  lebih ditingkatkan, maka selain layanan transfer kelak dapat juga memberikan bantuan pinjaman yang dilengkapi dengan perangkat infrastruktur dan prosedur yang diperlukan.

“Harapannya, masyarakat akan lebih terbantu disamping adanya fasilitas lain seperti koperasi, hanya saja koperasi belum menjangkau pelosok seperti BRI Link,” pungkasnya.