Wanitaindonesianews.com, JAKARTA– Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai penyakit kanker payudara,Siloam Hospitals Group (Siloam) menggelar program SELANGKAH (Semangat Lawan Kanker).

 

SELANGKAH  merupakan gerakan kesehatan internasional yang diperingati setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker payudara dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan deteksi dini, pencegahan, dan pengobatan.

Meskipun telah banyak penelitian dan upaya untuk memerangi kanker payudara, penyakit ini tetap menjadi salah satu kanker yang paling umum ditemui di kalangan wanita seluruh dunia.

Statistik global menunjukkan bahwa jutaan wanita didiagnosa mengidap kanker payudara setiap tahunnya. Kesadaran akan pentingnya deteksi dini kemudian memainkan peran penting dalam meningkatkan kelangsungan hidup dan hasil dari pengobatan.

Di tengah kekhawatiran tersebut, Siloam Hospitals berkomitmen untuk menjadi peranan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker payudara dan menganjurkan seluruh wanita di Indonesia untuk melakukan pemeriksaan rutin dan deteksi dini.

Siloam Hospitals melalui Program Selangkah telah menyelenggarakan serangkaian inisiatif sepanjang tahun untuk melibatkan komunitas lokal di beberapa lokasi di seluruh Indonesia. Inisiatif-inisiatif tersebut meliputi:
● Pemeriksaan Kanker Payudara Gratis: Siloam Hospitals akan menawarkan pemeriksaan kanker payudara gratis untuk 25.000 wanita di Indonesia. Pemeriksaan ini akan memberikan wanita Indonesia akses layanan diagnostik dan informasi tentang kesehatan payudara.
● Diskusi Kesehatan ‘Sadar Kanker Payudara’: Siloam Hospitals mengadakan talkshow kesehatan mengenai kanker payudara di beberapa lokasi dengan peserta dari berbagai komunitas.

Caroline Riady, Managing Director Siloam Hospitals mengatakan gerakan ‘Bulan Peduli Kanker Payudara’ menjadi platform penting untuk menyoroti pentingnya deteksi dini, pemeriksaan rutin, dan informasi kesehatan payudara.

“Melalui Program SELANGKAH, kami berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan turut berkontribusi dalam perjuangan melawan kanker payudara,”ungkap Caroline.

Melalui inisiatif ini, Siemens Healthineers juga berpartisipasi aktif dengan menyediakan teknologi skrining canggih, seperti MAMMOMAT Inspiration, yang memungkinkan masyarakat Indonesia merasakan kemajuan terkini dalam teknologi pencitraan payudara.

Sistem MAMMOMAT Inspiration menawarkan solusi perawatan payudara yang optimal dan memberikan lingkungan yang nyaman bagi pasien selama proses pemeriksaan. Teknologi ini akan memberikan kenyamanan bagi pasien saat pemeriksaan yang sejatinya adalah hal penting untuk menghasilkan pencitraan payudara terbaik.

Siemens Healthineers berkomitmen untuk memberdayakan penyedia layanan kesehatan dengan sistem mammografi dosis rendah sesuai standar dan memastikan pengalaman mammografi pasien yang unggul dan berkualitas tinggi.

Selain itu, Siemens Healthineers juga bermitra dengan ScreenPoint Medical untuk menghadirkan Transpara, solusi kecerdasan buatan (AI) terdepan untuk mammografi payudara. Transpara merupakan alat pendukung keputusan radiologi yang dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan kepercayaan klinis, dan menghasilkan interpretasi mammografi yang lebih baik. Transpara membantu pengguna untuk menafsirkan atau menganalisis hasil skrining payudara dan memberikan keputusan klinis yang lebih baik.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan teknologi medis mutakhir yang dapat membantu diagnosis dan pengobatan dini bagi semua orang di Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Siloam Hospitals Group dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara, kami berharap dapat menginspirasi perempuan untuk memprioritaskan kesehatan mereka dengan melakukan pemeriksaan rutin karena deteksi dini adalah kunci untuk memenangkan pertempuran melawan kanker payudara,” ujar Alfred Fahringer, Country Head Siemens Healthineers Indonesia.

Melalui program ini, Siloam Hospitals ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mengingat bahwa kesadaran akan kanker payudara tidak terbatas pada satu bulan saja, namun merupakan perjalanan sepanjang tahun.

Pemeriksaan rutin, pemeriksaan mandiri, dan konsultasi terbuka tentang kesehatan payudara harus tetap menjadi aspek penting dalam kehidupan. Bersama-sama kita dapat memastikan bahwa setiap wanita di negara ini berhak memiliki akses dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatannya.