WanitaIndonesianews.com,JAKARTA – Setelah konsisten menghadirkan MY BABY Momversity untuk mendukung parenting journey yang menjangkau puluhan ribu ibu di Indonesia, kali ini MY BABY kembali menghadirkan acara Big Bang MY BABY Momversity 5th Anniversary dengan tema #TransformationalParenting pada tanggal 9 Desember 2023 lalu di Gandaria City.

Kegiatan ini bertujuan memberikan dukungan kepada para orang tua agar lebih siap menghadapi tantangan dalam membesarkan anak, menciptakan transformasi dalam gaya parenting, dan membentuk generasi alfa yang tangguh di masa depan.

MY BABY Momversity telah konsisten mendukung puluhan ribu ibu di Indonesia dalam perjalanan parenting. Pada perayaan ulang tahun kali ini, berbagai kegiatan menarik diadakan seperti kelas edukasi, booth pengalaman, dekorasi cupcakes, pertunjukan boneka, hingga penyerahan hadiah kepada MY BABY Momunity 2023. Acara ini turut dihadiri oleh para narasumber ahli dan mom influencer terkemuka, seperti Kimberly Ryder dan Jennifer Bachdim.

Dengan mengangkat tema #TransformationalParenting, acara ini memberikan wawasan dan keterampilan kepada orang tua untuk menghadapi berbagai tantangan dalam pola pengasuhan. Melalui serangkaian kegiatan seperti talkshow, workshop, dan sharing session, acara dibagi menjadi 5 topik penting, yaitu “Technology X Gen Alpha,” “Financial Hacks,” “Nutrition Investment,” “Effective Communication,” dan “Mindful Parenting”.

Managing Director Brand Portfolio & Communication MY BABY, Audrey Gandadjaja menyatakan berbagai macam topik yang diangkat di MY BABY Momversity 5th Anniversary diharapkan dapat membantu orang tua menjawab tantangan parenting masa kini. “Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk orang tua baru, tetapi juga sebagai investasi pengetahuan bagi calon ibu,” ungkap Audrey.

Nucha dan Ario, menekankan pentingnya literasi digital bagi generasi alfa (iBonk)

Salah satu topik yang sangat relevan adalah “Technology X Gen Alpha” yang membahas bagaimana orang tua dapat memanfaatkan teknologi dalam pengasuhan anak. Nucha dan Ario, founder @parentalk.id dan podcaster @curhatbapakibu, menekankan pentingnya literasi digital bagi generasi alfa. Mereka menyarankan agar orang tua tidak menjauhkan diri dari teknologi, tetapi malah memperbaharui pengetahuan untuk dapat mendampingi anak-anak secara positif.

“Untuk membatasi pengaruh negatif dari penggunaan teknologi, orang tua dapat menerapkan aturan bemain games hanya saat akhir pekan dan membatasi konten yang dapat diakses melalui fitur yang kids friendly,” sebut Ario.

Selain beradaptasi terhadap teknologi, MY BABY juga melihat bahwa pembentukan karakter anak dipengaruhi oleh perencanaan masa depan yang baik dari orang tua, termasuk pengelolaan keuangan dalam keluarga agar dapat memberikan pendidikan yang terbaik.

Annisa Steviani, Certified Financial Planner menjelaskan jika di dalam dunia parenting, pengelolaan keuangan keluarga juga merupakan bagian penting. Pencatatan rutin mengenai pemasukan maupun pengeluaran keuangan dapat membantu kita dalam mengidentifikasi apa saja dan seberapa besar kebutuhan kita di tiap hari atau tiap bulannya.

“Orangtua harus mampu membuat budget belanja setiap bulan, kemudian membaginya dalam 4,5 minggu dan konsisten terhadap budget yang telah ditentukan. Komunikasi yang baik antara suami istri juga penting untuk penyisihan tabungan dan dana darurat serta merencanakan investasi yang baik untuk keluarga, salah satunya untuk dana pendidikan anak,” sebut Annisa.

Selanjutnya dalam topik “Mindful Parenting,” Saskhya Aulia Prima, Child and Family Psychologist, menyampaikan bahwa komunikasi merupakan bagian integral dari metode ini. Dia menyoroti bahwa metode sadar mengasuh anak telah terbukti mengurangi stres, menurunkan agresi anak, dan meningkatkan kualitas komunikasi antara orang tua dan anak.

Sesi Annisa Steviani, Certified Financial Planner (iBonk)

Kanti Pernama, Child Psychologist Rumah Dandelion, menekankan pentingnya “Effective Communication.” Dia menjelaskan bahwa berkomunikasi dengan anak tidak hanya mengajari mereka cara berkomunikasi dengan orang lain, tetapi juga membentuk perkembangan emosional mereka, serta membangun hubungan positif antara orang tua dan anak.

Tidak ketinggalan, unsur penting lainnya dalam tumbuh kembang anak adalah pemenuhan nutrisi, terutama di periode emasnya. Lenona Victoria, Nutritionist, memberikan wawasan tentang pemenuhan nutrisi anak, termasuk cara mengatasi masalah inappropriate feeding practice yang sering terjadi sejak fase penyapihan.

Kimberly Ryder, Brand Ambassador MY BABY, berbagi pengalaman tentang menciptakan lingkungan menyenangkan saat makan. Dia mendorong anak-anak untuk makan sendiri, tetapi juga menghormati jika anak menunjukkan tanda tidak mau makan.

Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada para ibu, tetapi juga memperkuat hubungan orang tua dengan anak melalui kegiatan seperti experience booth. Lewat acara yang informatif dan mendidik, MY BABY Momversity terus berperan aktif dalam membantu para orang tua Indonesia dalam membimbing dan mendidik anak-anak mereka menjadi generasi yang berprestasi dan dapat dibanggakan.