WanitaIndonesianews.com, JAKARTA – Pinky Awahita, adalah seorang penyanyi muda berusia 12 tahun yang sangat luar biasa. Membuka awal tahun 2024 ini, gadis ceria ini merilis single terbarunya berjudul ‘Air dan Teh’ pada 5 Januari 2024. Meski masih berusia belia, Pinky telah menunjukkan potensi gemilangnya dengan beberapa single sebelumnya yang sangat ear catchy.

Lagu terbaru Pinky ini, merupakan karya cipta Arsha Composer dengan melibatkan Budapest Scoring Orchestra sebagai perangkat dengar yang megah. menjadikan lagu ini tidak sekadar lagu biasa. Dalam wawancara, Pinky menceritakan bahwa lagu tersebut mengangkat tema persahabatan yang seharusnya seperti air dan teh, tidak bisa dipisahkan. “Ketika ada masalah, harus bisa dipecahkan bersama-sama,” kata Pinky dengan bijak, sambil membagikan kebahagiaannya atas rilis single tersebut.

Arsha Composer, penggubah lagu yang juga menciptakan video liriknya di kanal YouTube, menyebutkan bahwa ‘Air dan Teh’ menjadi karya ke-50 terbaiknya. Lagu ini menjadi single kedua Pinky secara solo, setelah sebelumnya ia telah merilis ‘Corat Coret Lukisan’ dan sebuah duet dengan Naufal Fawwaz berjudul ‘Senandung Kebajikan’.

Selain genre yang dinyanyikannya ini, ternyata Pinkyjuga sangat menyukai musik bergenre Jazz, RnB, dan Melayu. Dirinya menyatakan kebahagiaannya dapat menyanyikan lagu-lagu karya Arsha. Sang komposer juga memberikan pujian kepada Pinky, menyebut suaranya yang menyentuh hati dan penampilannya yang tulus tanpa beban di atas panggung.

Pinky Awahita (iBonk)

Keterlibatan Pinky dalam Konser Bimba beberapa bulan lalu, di Usmar Ismail Hall, Jakarta yang digagas oleh Arha Composer yang menampilkan nama-nama senior di industri musik seperti Joy Tobing, Lucky Octavian, Tia AFI, Putri Ayu, Ihsan Taroreh, Gabriel Harvianto, dan lainnya ini merupakan sebuah pengakuan atas bakatnya. Meskipun masih belia, Pinky tampil tanpa grogi dan menyanyikan dua lagu karya Arsha dengan semangat.

Prestasi Pinky tidak hanya dalam dunia musik. Sejak kecilpun, murid ia menunjukkan ketertarikan pada seni, seperti menari tradisional dan menggambar. “Aku belajar dari ibuku yang penari, dan aku sempat ikut lomba tari juga, dan meraih juara satu,” bangganya.

“Kalau sekarang aku sangat suka menggambar anime dan memajangnya di dinding”, tutur murid SMP Al-Fath BSD kelas 7 ini.

Menurut Pinky lagi, setiap kali melukis ia sering bersenandung. Hal inilah yang mengusik sang kakak menyarankan Pinky melebarkan bakat ke dunia nyanyi sekaligus menyarankan ikut lomba menyanyi online. “Suara Pinky bagus dan merdu, vokalnya menenangkan,” demikian kata sang kakak kepada sang Mama, yang kerap disapa Mama Pinky.

Respons Mama Pinky? “Awalnya saya pikir dia hanya mewarisi bakat menari saya, tapi ternyata Pinky juga bisa bernyanyi,” kata sang Mama setengah tidak percaya.

Bermodalkan bakat yang ada dan berlatih sendiri, Pinky juga diikutsertakan dalam beragam lomba menyanyi, “Ada beberapa kali ikut lomba tapi tidak langsung menang, baru ketika ikut lomba ketiga Pinky berhasil meraih kemenangan!” ungkap bungsu dari 3 bersaudara ini.

Kemenangan tersebut membawa hikmah, tak berselang lama Delon dari Indonesian Idol pun menghubunginya dan mengajak Pinky berlatih vokal bersama. Tawaran menarik ini, tidak serta merta diterima sang Mama karena masih ragu akan bakat Pinky tersebut. Namun untuk persiapan yang lebih baik, Pinky pun dicarikan sekolah vokal di Music School of Indonesia (MSI). Sejak itu Pinky terus berlatih secara online dikarenakan pandemi yang masih melanda.

Pinky Awahita rilis single ‘Air dan Teh’ (iBonk)

Lewat pelatihan vokal tersebut, rasa percaya dirinya juga diasah terus, dan baru pada awal Februari 2022, ia mulai berlatih secara offline dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Di tahun 2022 itu pula, Pinky mendapatkan tawaran untuk mengikuti audisi Idola Cilik di RCTI. Ajang pencarian bakat tersebut diikuti sekitar 120 peserta dari seluruh Indonesia. Hebatnya, walau baru pertama kali ikut, Pinky berhasil lolos audisi dan bisa sampai ke babak 40 besar. Dari ajang tersebut Pinky mendapatkan kesempatan tampil secara live di RCTI dengan juri ternama seperti Aurel, Bam Samson, Budi Doremi, dan Ayu Dewi.

Prestasi terbesarnya adalah ketika Pinky masuk dalam nominasi AMI Awards 2023 dalam kategori Artis Solo Anak-Anak Terbaik lewat lagu ‘Corat-Coret Lukisan’. Walau tak mendapat predikat pemuncak, namun hal ini membuktikan jika keberadaan Pinky semakin diperhitungkan.

Tak hanya itu, pada bulan Agustus 2023 tahun lalu, Pinky juga mendapat undangan dari KJRI Johor Bahru, Malaysia selama 5 hari untuk tampil disana membawakan karyanya dan lagu lainnya.

Pada 26 Januari 2024, Pinky akan tampil dalam Konser Lukisan Anak-Anak Nusantara di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. Kehadirannya di konser ini menandai penampilan pertamanya di tahun 2024, menambah perjalanan gemilangnya di dunia musik Indonesia.***