Wanita Indonesianews.com, JAKARTA–Finalis Grand Final Miss Mega Bintang Nova Liana menorehkan namanya sebagai Miss Mega Bintang 2024. Karena prestasi tersebut dia akan menjadi perwakilan Indonesia di panggung Miss Grand International 2024.

 

Grand Final Miss Mega Bintang 2024 berlangsung meriah pada Minggu, 19 Mei 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

Wanita asal Palembang, Sumatera Selatan itu tampil memukau sejak sesi karantina hingga babak grand final. Selain berhasil mengesankan juri dengan kecantikan, keanggunan, dan keterampilannya dalam berbicara, Nova Liana juga menunjukkan semangat dan dedikasinya melalui berbagai kegiatan, termasuk kegiatan sosial dan latihan intensif pada sesi karantina.

Ivan Gunawan yang merupakan Founder dari Yasyasan Dunia Mega Bintang menjelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh Yayasan Dunia Mega Bintang berdasarkan sejumlah aspek seperti beauty, brain, body dan business.

“Saya melihat Nova tidak hanya cantik secara fisik, tapi juga pintar dan memliki potensi unik , karena melalui ajang ini saya ingin melahirkan Queen yang tidak hanya cantik, tapi juga pintar secara menyeluruh dan memiliki potensi unik yang bisa dibanggakan,”ungkap Igun.

Nova Liana yang merupakan lulusan pendidikan bahasa Inggris Universitas Indo Global Mandiri ini tampil memukau dalam sesi gaun malam dan sesi tanya jawab, yang menjadi penentu kemenangannya.

Dengan gelarnya sebagai juara Miss Mega Bintang Indonesia 2024, Nova akan menjadi perwakilan Indonesia di panggung Miss Grand International 2024. Kesempatan ini membuka jalan baginya untuk menunjukkan bakat dan budaya Indonesia di kancah internasional, serta menjadi inspirasi bagi banyak wanita muda di Indonesia. ”Saya sangat bangga bisa terpilih menjadi Miss Mega Bintang Indonesia 2024. Saya sangat berterimakasih kepada Kak Ivan Gunawan yang telah mempercayakan gelar ini kepada saya. Saya berjanji saya tidak akan mengecewakan dan akan terus belajar hingga saya bisa menjadi wanita Indonesia yang bisa dibanggakan dimanapunn saya berada,” ujar Nova Liana.

Atas kemenangannya, Nova Liana berhak dianugrahi mahkota terbaru bertajuk Gayatri yang dirancang oleh Desainer Perhiasan Venezuela, George Wittels. Mahkota tersebut merupakan penghormatan terhadap budaya dan warisan Indonesia, menampilkan keindahan dan keagungan yang khas.

“Tahun ini crown MMBI dengan tajuk GAYATRI memiliki elemen burung Sawung Galing yang juga melambangkan kemakmuran. Mahkota ini melambangkan empat elemen: Beauty, Power, Strength, dan Prosperity. Jika dikombinasikan, diharapkan bisa menciptakan kehidupan harmonis dan pencapaian terbaik dalam hidup. Desainnya memadukan motif tradisional dengan keahlian kontemporer, menciptakan mahakarya abadi yang mencerminkan esensi keanggunan dan keanggunan Indonesia, ” ujar Ivan Gunawan.

Tampil Memukau
Selain Nova Liana, terdapat 49 finalis yang berasal dari 15 provinsi yang ikut terlibat di ajang pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2024.
Ivan Gunawan memiliki andil besar dalam memilih kontestan Miss Mega Bintang Indonesia.

”Saya mencari finalis dengan kualitas yang meningkat di beberapa provinsi. Saya ingin pemenang Miss Mega Bintang Indonesia yang berpotensi bisa mewakili Indonesia ke ajang internasional dan menunjukkan kepada dunia bahwa perwakilan Indonesia mampu bersaing di kancah dunia”, ujar Ivan Gunawan.

Berdasarkan akumulasi penilaian yang telah dilakukan sejak hari pertama karantina, berikut hasil akhir yang ditetapkan oleh Ivan Gunawan selaku pendiri Yayasan Dunia Mega Bintang.
Miss Mega Bintang Indonesia 2024 – Nova Liana (Sumatra Selatan 1) yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Grand International 2024
Runner-Up Miss Mega Bintang Indonesia 2024:
Tawana Sheldrick – Kepulauan Riau 1, mendapat gelar Miss Elite Indonesia.
Olivia Stevanie – DKI Jakarta 7, mendapat gelar Miss Aura Indonesia.
Anindya Gupita – Daerah Istimewa Yogyakarta 2, mendapat gelar World Top Model Indonesia
Olla Levina – DKI Jakarta 2, mendapat gelar Miss Planet Indonesia
Yulinar Fitriani – Jawa Barat 1, mendapat gelar Miss Eco Indonesia.

Ivan Gunawan bersyukur dengan susksesnya penyelenggaraan grand final Miss Mega Bintang Indonesia 2024.

“ Menurut saya adalah penyelenggaraan kontes kecantikan termegah yang pernah ada di Indonesia. Perpaduan musik dan fashion. Saya sangat senang dan bersyukur banyak yang datang. Dari mulai tribun sampai festival semua penuh. Konsep malam ini memang berbeda dari selebelumnya karena ini festival celebration music and fashion, makanya rame dan seru acaranya ”, ujar Ivan.

Ivan Gunawan mengungkapkan bahwa kesuksesan penyelenggaran pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2024 juga tak lepas dari kerjasama tim dan sponsor yang telah memberikan perhatian luar biasa sejak awal acara ini berjalan.

“Saya yakin kesuksesan acara ini karena kerjasama tim Yayasan Dunia Mega Bintang yang luar biasa dan juga dukungan sponsor yang tak pernah putus. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Ensee Beauty, ⁠IFORTE, ⁠Sinar Raya Yogyakarta, ⁠Mie Gaga , ⁠VIBE Indonesia, ⁠JNE Express, ⁠BEAUTY DISTRICT, ⁠Drg.Devya, ⁠Dr.Cissie, ⁠Masterpiece Hospital , ⁠Passion Jewelry, ⁠Hotel Vertu Harmoni dan ⁠Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta”, tegas Ivan.

Saat acara grand final berlangsung, Yayasan Dunia Mega Bintang juga mengumumkan lima penghargaan spesial. Salah satunya adalah pemenang busana culture festive yang penilaian telah dilakukan saat preliminary competition yang bergulir pada Minggu, 12 Mei 2024.
Bahkan, tidak hanya untuk finalis namun juga diberikan penghargaan spesial untuk regional director terbaik. Berikut daftar lengkap peraih penghargaan spesial di acara grand final Miss Mega Bintang Indonesia 2024.
Best Culture Festive – Bella Fedora (Daerah Istimewa Yogyakarta 1)
Best Skin by Ensee Beauty – Shinta Ilmiyah (Jawa Timur 5)
Best in Social Media – Yonadyaprilla Nayomi (Jawa Timur 6)
Best Evening Gown – Nova Liana (Sumatra Selatan 1)
Best Regional Director – Jawa Barat
Pemenang utama Miss Mega Bintang Indonesia 2024 yakni Nova Liana telah dipastikan akan berlaga di ajang Miss Grand International 2024.

Selain itu, lima finalis lainnya yang berhasil masuk dalam jajaran enam besar juga akan mewakili Indonesia di ajang internasional yang dinaungi oleh Yayasan Dunia Mega Bintang lisensinya seperti Miss Grand International 2024, Miss Elite International, Miss Aura International, World Top Model, Miss Planet International dan Miss Eco International.
Karena itulah sejak Senin, 20 Mei 2024, Ivan langsung melakukan karantina terhadap Top Six untuk mempersiapkan mereka mengikuti ajang internasional.

“ Mulai besok mereka akan tinggal di satu apartment. Mereka akan banyak melakukan aktifitas seperti media tour, photo shoot dan masih banyak lagi. Selama 24 jam mereka laporan dan tidak boleh keluar apartemen tanpa seijin saya. Saya buat mental mereka kuat. Supaya menjadi wakil indonesia yang kuat. Dan satu lagi, mereka tidak boleh lepas high heelsnya”, pungkas Ivan.