WanitaIndonesianews.com, JAKARTA–Desainer kenamaan Ivan Gunawan tidak saja dikenal dengan karya-karyanya yang indah.  Belakangan presenter Brownies (Trans TV) ini disibukkan dengan kegiatan kemanusiaan yaitu menghimpun dana dari keuntungan  penjualan brand  hijab miliknya  guna meringankan penderitaan  masyarakat Palestina.

 

 

Ditemui awak media di kantor Baznas Pusat, Ivan bercerita dalam rentang beberapa waktu, dirinya melakukan penjualan koleksi Scarf Series Palestina.

“Ivan Gunawan bukanlah siapa-siapa tanpa customer Mandja Hijab yang antusias berbelanja  sekaligus membantu Palestina,” ungkap Ivan saat beraudiensi dengan jajaran pengurus Baznas Pusat, Senin, 3 Mei 2024.

Dikatakan Ivan, saat dia mendesain hijab tersebut pemberitaan seputar Palestina tengah ramai. Hatinya pun tergerak untuk melakukan sesuatu.

“Waktu itu berita tentang Palestina sedang bergejolak. Hati saya tergerak untuk mendesain hijab hanya dalam waktu 4 menit. Lalu saya bilang ke Mandjha untuk diproduksi langsung. Saya terinspirasi dari sorban Keffiyeh yang identik dengan perjuangan Palestina. Kemudian saya tambahkan ornamen bunga yang warnanya sama dengan bendera Palestina. Dan jadilah kerudung. Alhamdulillah bisa diminati pasar dan bisa membasuh luka palestina,” tutur Ivan, bersemangat.

Ivan mengatakan keputusannya bergerak untuk Palestina telah mendapat restu ibunda tercinta.

Sudah menjadi kebiasaannya meminta nasehat orangtuanya sebelum melakukan suatu kebaikan.

“Saya itu kalau mau berbuat sesuatu, yang tahu itu cuma saya, mama saya dan Tuhan. Makanya saya itu suka random orangnya. Termasuk niatan  berbuat sesuatu untuk saudara kita di Palestina ini,”ujarnya.

Aksi sosial Ivan Gunawan tentulah bukan kali ini saja. Sebelumnya jejak sosialnya ditorehkan melalui pembangunan masjid di sebuah Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat, Afrika.

Ivan mengaku mengeluarkan kocek pribadinya untuk merealisasikan berdirinya  masjid yang diberi nama Masjid Indonesia,itu.

Ivan kembali bercerita tentang ikhwal dirinya tergerak membangun masjid di Uganda.

“Tiba-tiba aja tergerak membantu kaum Muslim di Uganda negara di Afrika bagian Timur itu masih minim masjid. Saya berharap masjid itu juga bisa membantu rakyat Uganda untuk mengakses air bersih, untuk keperluan sehari-hari.

Lagi random, liat teman-teman di Uganda sholat dibawah ranting, anak-anak susah cari air bersih. Saya mulai cari gimana cara bikin Masjid dan sumur untuk disana. Bulan Januari, masjid itu sudah berdiri dengan kokoh. Masjid aku lokasinya 4 jam dari ibu kota Uganda. Disana ada memang ada beberapa masjid, tapi satu-satunya masjid yang berwarna putih adalah Masjid Indonesia,”ujar Ivan .

Ivan menuturkan setiap orang mempunyai berbagai macam cara untuk menunjukkan rasa pedulinya terhadap korban di Palestina.

“Dan saya percaya bahwa tindakan kecil yang dilakukan bersama akan memberikan dampak yang besar untuk saudara-saudara kita di Palestina. Untuk itulah saya bersama Mandjha Hijab bertekad untuk bisa membantu saudara kita di Palestina melalui penjualan hijab yang memang didesain khusus dengan tema Palestina.” tambah Ivan,lagi.

Selain disumbangkan ke Palestina dan Uganda, dari keuntungan Hijab Mandjha, Ivan Gunawan juga melakukan kegiatan sosial dengan merenovasi sejumlah sekolah, pesantren dan membangun rumah Tahfiz Quran di Sawangan Depok yang saat ini sudah menampung sekitar 80 orang santri. Kemudian Ivan juga membuka kesempatan bagi anak-anak disabilitas untuk mendesain motif.

”Saya ingin di rumah tahfiz saya, anak-anak saya bisa berpresatsi . Saat ini ada 80 anak. Saya sekolahkan dan juruskan sesuai kemahiran mereka. Dimulai Pendidikan agama dan Bahasa inggris. Ngga sembarangan bisa masuk. Kita tes dulu,”papar Ivan.

Kegiatan sosial yang rutin dilakukan oleh Ivan Gunawan inilah yang akhirnya membuat Ivan diberikan penghargaan khusus oleh BAZNAS RI.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh ketua BAZNAS, Prof.dr.Noor Achmad, MA, pada Senin, 3 Juni 2024 di kantor BAZNAS RI di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur.

“Kami mengikuti apa yang dilakukan Ivan terkait kemanusiaan baik di Indonesia, Palestina dan Uganda. Ivan Gunawan sangat luar biasa dalam hal kemanusiaan. Ini menjadi bagian tak terpisahkan dari apa yang diperjuangkan oleh BAZNAS. Harapan kami, BAZNAS bisa berkolaborasI dengan Ivan Gunawan dan Tim, termasuk untuk Paleestina dalam Membasuh Luka Palestina,” ujar Prof.dr.Noor Achmad, MA.

Prof.dr.Noor Achmad, MA juga mengungkapkan bahwa kerjasama Ivan Gunawan diharapkan bisa menjadi kekuatan , suplemen bagi Baznas untuk bersama membantu kemanusiaan yang ada di Indonesia dan dunia.

“Kami apresiasi apa yang dilakukan oleh beliau, untuk itulah kami memberikan penghargaan khusus kepada Ivan Gunawan,” ucap Prof.Noor.

Mandjha Hijab Ivan Gunawan sendiri merupakan brand busana modest milik Ivan Gunawan yang terlahir pada tanggal 21 April 2017. Sejak lahir, Mandjha Hijab memang semakin memantapkan posisi sebagai brand hijab terkemuka pilihan Wanita Indonesia.

Tak heran jika tokonya semakin menyebar di beberapa wilayah di Indonesia. Saat ini sudah ada 17 store tersebar diseluruh Indonesia, yaitu Bandung, Bekasi, Bogor, Cirebon, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang, Makassar, Malang, Surabaya, Pekanbaru, dan Depok. Dengan memiliki 60.000 lebih member loyal dan ratusan Agen diseluruh Indonesia. Melalui Mandjha Hijab, Ivan tak hanya sekedar berjualan kerudung, namun juga melakukan sejumlah aksi sosial untuk Indonesia dan dunia.

“ Saya memiliki brand Mandjha hijab Ivan Gunawan, dimana brand ini bisa menghidupi gejolak saya dalam berbuat kebaikan. Alhamdulillah brand retail yang sudah 7 tahun berdiri kini memiliki 17 store di Indonesia. Saya bersyukur karena penikmat busana saya, juga gemar berbuat baik”, pungkas Ivan.