WanitaIndonesianews.com, JAKARTA– Mengawali Tahun 2024, Purwa Caraka Music Studio  menggelar  konser perdana Purwa Caraka Youth Orchestra bertajuk Orchestra Vaganza “Jammin’ With The Young Maestros’ yang dilaksanakan di Pos Bloc Jakarta, Sabtu, 20 Januari 2024.

 

Sebanyak 47 remaja usia 14-20 tahun binaan musisi senior Purwa  Caraka berhasil memukau penonton dengan 12 lagu yakni Tarantella, Rapsodia Nusantara #6, Ambilkan Bulan, Choros in D, Asturias, Indonesia Pusaka, Mei Hwa, Jalousie, Medley Nusantara, Medley Chrisye, Pirates of the Caribbean Suites dan Radetsky March. Purwa Caraka Youth Orchestra berkolaborasi bersama Andrea Miranda, Purwa Caraka Music Studio Choir, dan juga beberapa siswa/i dari Purwa Caraka Music Studio.

Purwa Caraka Youth Orchestra merupakan program binaan yang dibentuk oleh musisi senior Purwa Caraka sebagai wadah bagi para anak muda khususnya remaja untuk bisa berkumpul, bermain, belajar dan mengeksplor banyak hal seputar musik orkestra.

Purwa Caraka mengatakan  Orchestra “Jammin’ With The Young Maestros’ merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan ruang dan panggung bagi remaja bertalenta musik untuk unjuk kebolehan.

“Jadi ini sifatnya service, pelayanan, sebab remaja perlu diberikan ruang sebanyak mungkin untuk bisa mengembangkan bakat seni musiknya,” jelasnya.

Dibentuk sejak bulan Maret 2023, berisikan para musisi muda yang sangat bertalenta, yang telah lulus tahap audisi. Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan sesuai dengan visi dan misi Purwa Caraka Music Studio kedepan, untuk lebih berperan aktif dalam kegiatan – kegiatan pembinaan untuk musik generasi muda khususnya remaja, dan menciptakan agenda – agenda baru dalam kancah musik Indonesia.

“Kami memberikan kesempatan berlatih dua kali dalam sebulan. Hasilnya luar biasa, mereka tampil dengan sangat apik,” tambahnya.

Tak hanya oleh Purwa Tjaraka, para remaja yang terlibat dalam konser ini juga dilatih oleh beberapa instruktur lain yang berkompeten di bidang orkestra, Zera Prinstanada (String Section), Brian Pesoth
(Rhythm Section & Woodwind Section), dan Rian (Percussion).

Orkestra ini di garap secara serius untuk memberikan pelatihan kepada musisi-musisi muda untuk dapat membekali mereka untuk masuk ke dalam industri musik secara profesional.

“Saat ini anak-anak dengan bakat seni termasuk bermusik mendapatkan penghargaan yang sama dengan mereka yang memiliki kemampuan lebih dibidang sains dan matematika. Karena itu penting diperbanyak panggung yang memberikan ruang bagi anak untuk berekspresi seperti Orchestra “Jammin’ With The Young Maestros’ kali ini,”ujar  kakak kandung penyanyi Trie Utami, ini.

Ke depan dia   berharap  Purwa Caraka Youth Orchestra ini diharapkan dapat memotivasi para anak muda untuk tetap bermusik dan juga belajar musik yang baik sehingga dapat memberikan manfaat positif didalam kehidupan mereka sebagai generasi penerus dunia musik di Indonesia.