Betadine dan Guardian Beri Edukasi Kebersihan Kewanitaan pada Menstrual Hygiene Day 2024

WanitaIndonesianews.com, JAKARTA – Dalam rangka menyambut Menstrual Hygiene Day 2024, Betadine, ahli produk antiseptik, berkolaborasi dengan Guardian untuk mengedukasi wanita Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan area kewanitaan, terutama saat menstruasi.

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai kesehatan kewanitaan, serta menyediakan solusi yang efektif dalam mengatasi masalah yang sering dihadapi selama menstruasi.

Menurut data, 7 dari 10 wanita di seluruh dunia pernah mengalami vaginitis setidaknya sekali dalam hidup mereka. Di Indonesia, 2 dari 3 wanita mengeluhkan gatal-gatal, 3 dari 5 mengalami keputihan, dan 1 dari 2 mengeluhkan bau tak sedap di area kewanitaan. Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi tanda awal iritasi yang, jika dibiarkan, dapat berkembang menjadi infeksi serius.

Dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS, spesialis Obstetri dan Ginekologi, menjelaskan bahwa vagina yang sehat memiliki pH antara 3.5 hingga 4.5. “pH yang lebih tinggi dapat mendukung pertumbuhan bakteri patogen dan mengganggu flora normal, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gatal, bau tidak sedap, dan keputihan,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa saat menstruasi, 72% wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi vagina karena darah haid bersifat basa dan dapat meningkatkan pH vagina.

Dr. Ardiansjah juga menekankan pentingnya kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari, terutama saat menstruasi. “Saat mengalami gejala awal iritasi, penggunaan produk antiseptik yang mengandung Povidone Iodine disarankan. Produk ini memiliki spektrum luas, mampu mengembalikan keseimbangan pH, dan dengan cepat memulihkan flora normal, sehingga efektif mengatasi infeksi di area kewanitaan.”

Dalam peringatan Menstrual Hygiene Day 2024, Betadine bermitra dengan Guardian untuk mengedukasi wanita Indonesia mengenai pentingnya kebersihan kewanitaan selama menstruasi. Anastasia Damayanti, Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, menyatakan, “Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone Iodine 10%, dikenal sebagai #BotolUngu, adalah langkah pertama dalam mengatasi gejala infeksi saat Red Days. Kami berkomitmen memastikan wanita Indonesia tetap nyaman, aktif, dan sehat selama menstruasi karena bagi kami, menstruasi #BukanHalangan.”

Sondang Simamora, Pharmacy Practice & Central Operation Manager Guardian Indonesia, menambahkan bahwa Guardian berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi kesehatan wanita Indonesia. “Dengan meningkatnya kebutuhan produk perawatan area kewanitaan, kami menyediakan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan kesehatan wanita, salah satunya Betadine. Kami sangat senang bermitra dengan Betadine untuk edukasi kebersihan area kewanitaan dan merayakan Menstrual Hygiene Day 2024 dengan promo menarik khusus produk Betadine,” tambah Sondang.

Sharena Delon, seorang KOL dan pengguna setia Betadine, juga berbagi pengalamannya. “Sebagai wanita aktif, menstruasi tidak menjadi halangan bagi saya. Saya rutin menggunakan rangkaian feminine care dari Betadine untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Saat ada gejala iritasi seperti gatal-gatal muncul, saya menggunakan Betadine #BotolUngu. Produk ini sangat membantu saya tetap nyaman dan bebas gangguan selama menstruasi, membuat saya lebih percaya diri dan produktif.”

Untuk mendukung kerja sama ini, Betadine dan Guardian memberikan promo khusus untuk pembelian produk Betadine dari tanggal 16 Mei hingga 19 Juni 2024, yang berlaku di seluruh gerai Guardian. Kampanye ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kewanitaan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *